Bayer Leverkusen Unggul Telak : Langkah Sempurna Menuju Gelar Juara Liga Europa

suroboyo.id – Bayer Leverkusen mencatatkan diri sebagai favorit utama untuk meraih gelar juara Liga Europa musim ini. Mereka menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyelesaikan fase grup dengan sempurna, mengumpulkan 18 poin dari enam pertandingan.

Pada pertandingan terakhir fase grup, yang berlangsung pada Jumat (15/12/2023), Leverkusen berhasil menghancurkan tamunya, Molde, dengan skor mencolok 5-1.

Meskipun sudah memastikan diri lolos ke babak berikutnya, tim ini tidak mengurangi intensitas permainannya, terutama di hadapan pendukung setia di BayArena.

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, memilih untuk menurunkan sebagian besar pemain cadangan pada pertandingan tersebut.

Meski begitu, semangat menyerang Leverkusen tetap terlihat, dan mereka berhasil unggul cepat melalui gol Patrik Schick pada menit ke-6.

Keunggulan Leverkusen semakin melebar setelah mereka berhasil menambah dua gol dalam waktu tiga menit, melalui aksi gemilang Edmond Tapsoba (22′) dan gol bunuh diri dari Martin Ellingsen (25′). Skor 3-0 tetap bertahan hingga turun minum, menandai dominasi mereka dalam pertandingan tersebut.

Memasuki babak kedua, Adam Hlozek tampil luar biasa dengan memborong dua gol, masing-masing di menit ke-60 dan 70. Molde sempat mencetak gol hiburan lewat aksi Eric Kitolano di menit ke-75. Skor 5-1 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Kemenangan tersebut jadi kemenangan keenam Leverkusen di fase grup. Artinya, mereka berhasil menyapu bersih setiap pertandingan, mencetak total 19 gol dan hanya kebobolan 3.

Menariknya, Leverkusen adalah satu-satunya tim yang finis sempurna di fase grup Liga Europa musim ini. Tim-tim lain maksimal meraih 15 poin, seperti West Ham dan Slavia Praha.

Laju positif ini jadi pembuktian Leverkusen sebagai tim yang harus diwaspadai musim ini. Memang, skuad Xavi Alonso sudah mencuri perhatian sejak awal musim. Mereka pun tampil luar biasa di Bundesliga.

Di Bundesliga, Leverkusen saat ini memimpin klasemen sementara dengan 36 poin dari 14 pertandingan. Mereka unggul dari sang juara bertahan, Bayern Munchen.

Musim ini tim racikan Xabi Alonso tampak mulai matang. Leverkusen bisa menyuguhkan permainan solid. Taktik racikan Xabi berhasil membuat permainan Leverkusen kian agresif.

Perkembangan pesat ini membuat Leverkusen disebut-sebut sebagai favorit juara Liga Europa musim ini. Memang kompetisi masih panjang, tapi sejauh ini segalanya tampak mendukung.

Daftar tim lolos 16 besar Liga Europa 2023/2024

Setelah semua pertandingan fase grup Liga Europa 2023/2024 beres dimainkan, berikut beberapa tim dipastikan lolos ke putaran berikutnya:

Juara Grup

– West Ham
– Brighton
– Rangers
– Atalanta
– Liverpool
– Villarreal
– Slavia Praha
– Leverkusen

Runner-up (play-off)

– Freiburg
– Marseille
– Sparta Praha
– Sporting
– Toulouse
– Rennes
– AS Roma
– Qarabag