Apakah Manchester United Akan Mendatangkan Kembali David de Gea untuk Menggantikan Andre Onana?

suroboyo.id – Keputusan Manchester United untuk menggantikan David de Gea dengan Andre Onana sebagai kiper utama belum berjalan sesuai harapan hingga saat ini.

Andre Onana, yang telah tampil dalam enam pertandingan bersama Manchester United, sudah harus menghadapi 14 gol yang masuk ke gawangnya. Sementara itu, mantan kiper Inter Milan yang didatangkan dengan biaya transfer sebesar 52,5 juta Euro baru berhasil mencatatkan satu kali pertandingan dengan clean sheet.

Tidak hanya catatan kinerja yang kurang memuaskan, Andre Onana juga menjadi sasaran olok-olokan setelah Manchester United mengalami kekalahan 3-4 dari Bayern Munchen di Allianz Arena pada pertandingan pertama Grup A Liga Champions 2023/2024, pada Kamis (21/9/2023) waktu setempat.

Andre Onana melakukan kesalahan yang fatal yang membantu Bayern Munchen untuk mencetak gol pembuka pada menit ke-29. Ia gagal mengamankan sepakan yang seharusnya tidak berbahaya dari Leroy Sane.

Kehadiran Onana yang tidak konsisten ini mulai memunculkan kerinduan dari publik akan sosok David de Gea, yang dilepas oleh Manchester United pada musim panas tahun 2023 lalu.
Pertanyaan pun muncul, apakah Manchester United akan mengambil langkah untuk mendatangkan kembali David de Gea sebagai pengganti Onana?

Karier de Gea di Man United berakhir usai kontraknya habis. Man United sudah coba menawarkan kontrak baru dengan beberapa pertimbangan, yaitu tidak ada jaminan jadi kiper utama dan gajinya berkurang drastis.

De Gea awalnya mengiyakan tawaran tersebut. Namun saat kontrak akan ditandatangani, Man United merevisi sodoran kontrak tersebut. Gaji yang sudah dipangkas banyak, lalu dipangkas lebih banyak lagi.

Keputusan itu membuat de Gea tidak jadi memperbaharui kontraknya. Alhasil, dirinya berstatus bebas transfer di musim panas 2023.

Baca Juga :   Hasil MLS: Inter Miami vs Sporting KC 3-2, Lionel Messi Tidak Tampil

Bagi pemain-pemain yang kini tidak terikat kontrak dengan klub manapun, seperti de Gea, status mereka sekarang adalah bebas transfer.

Bebas transfer berarti klub manapun yang akan meminang mereka tidak perlu membayar biaya transfer. Pihak-pihak terkait hanya fokus membahas soal kontrak dan gaji.

Selain itu, pemain dengan bebas transfer ini bisa didatangkan kapan saja, sekalipun bursa transfer sudah ditutup. Hal yang sama bisa dilakukan pada de Gea.

Jadi, mungkinkah Man United memulangkan de Gea? Jawabannya sangat mungkin. Tinggal bagaimana negosiasi kontrak antara kedua belah pihak.

Masalahnya, sekalipun Man United bisa menggoda de Gea kembali, sang kiper tidak bisa langsung bermain dan menggantikan Onana sebagai kiper utama.

Itu terjadi karena pendaftaran skuad Liga Inggris dan Liga Champions sudah ditutup. De Gea tidak boleh bermain jika belum didaftarkan.

Jadi kalaupun de Gea kembali, Man United hanya bisa mengandalkannya di piala domestik yang tidak ada aturan soal pendaftaran skuad.

De Gea baru bisa didaftarkan di Liga Inggris di pertengahan musim nanti, saat bursa transfer musim dingin 2024 dibuka atau saat Liga Champions memasuki babak gugur (jika Man United lolos).