3 Jenis Service Bola Voli, Mana Pukulan Favoritmu?

3 Jenis Service Bola Voli
3 Jenis Service Bola Voli

Suroboyo.id – Dalam artikel ini akan membahas tiga jenis teknik pukulan service dalam pertandingan bola voli yang dimiliki seorang pemain.

Sebelum mengenal jenis sevice alangkah lebih baiknya mengenal olahraga ini. Bola voli merupakan pertandingan yang dilakukan oleh dua grup berlawanan yang terdiri dari masing-masing 6 pemain.

Seperti dikutip dalam buku “Pembelajaran Permainan Bola Voli” yang ditulis oleh Destriana, dkk setidaknya ada tiga jenis teknik untuk melakukan pukulan service ini.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar, Lengkap Grup A Hingga H

Lantas apa saja teknik service. Berikut jenis beserta penjelasannya.

Jenis Service Bola Voli

Service merupakan pukulan permulaan untuk pertandingan bola voli yang dilakukan di belakang garis lapangan yang kemudian dilambungkan ke area lawan melalui atas net.

Untuk lebih lengkapnya terkait teknik service bola voli simak dalam ulasan berikut.

1. Service Bawah

Teknik ini dilakukan dengan cara menempatkan salah satu kaki (biasanya kaki kiri) lebih ke depan. Dan lutut agak direndahkan di belakang garis.

Tangan kiri memegang bola sedangkan tangan kanan diluruskan dan ditarik ke belakang. Kemudian bola dilambungkan dan dipukul menggunakan telapak atau kepalan tangan.

2. Service Atas

Teknik pukulan ini dilakukan pertama dengan melambungkan bola hingga ke atas kepala kemudian dipukul hingga ke area lawan melalui atas net.

Meskipun jenis atau teknik ini bola akan melaju kencang, namun tingkat kesulitannya pun tinggi baik pemukul maupun yang menerima bola.

Baca Juga: Jadwal Arsenal November 2022: Nantikan Laga vs Chelsea

3. Jump Service

Teknik ini gerakannya hampir mirip seperti melakukan smash, dengan melompat untuk memukul bola. Jump Service juga bisa dikatakan versi lanjutan dari service atas.

Baca Juga :   Al-Ittihad Menggoda Liverpool dengan Tawaran Rp2,5 Triliun untuk Mendapatkan Mohamed Salah

Jenis service ini juga bisa digunakan untuk menyerang karena pukulan yang dihasilkan akan keras dan cepat sehingga lawan kesulitan untuk menerima bola.

Demikian pembahasan terkait 3 jenis atau teknik service bola voli dalam artikel ini yakni service bawah, atas dan jump service.

Mana teknik favoritmu?