Berita  

Yenny Wahid Menepis Pernyataan Andi Arief, Menilai Peran Wakil Presiden Bukan Pepesan Kosong

suroboyo.id – Yenny Wahid, Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, menyuarakan ketidaksetujuannya terhadap pernyataan Andi Arief, Ketua Bappilu Demokrat, yang menyebut wakil presiden hanya sebagai ban serep, dan debat cawapres dianggap pepesan kosong.

Yenny menegaskan bahwa posisi wakil presiden seharusnya bukan sekadar sebagai opsi cadangan dalam pemerintahan. Dalam tanggapannya terhadap pernyataan Andi Arief, Yenny menyatakan, “Wapres kita harapkan ke depan tentu tidak hanya jadi ban serep, tapi juga berkontribusi, juga bisa menjadi partner presiden terpilih untuk melaksanakan aspirasi dan amanah dari masyarakat Indonesia,” diwawancarai di Jalan Tunjungan, Surabaya, pada Selasa (19/12) malam.

Yenny Wahid, putri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, meyakini bahwa setiap calon wakil presiden memiliki gagasan-gagasan unik yang akan disampaikan dalam debat cawapres nanti.

“Saya sih percaya semua pasti punya gagasannya masing-masing, ya kita lihat saja bagaimana kemampuan mereka untuk meyakinkan publik besok malam tentang visi misi yang akan mereka usulkan,” ucapnya.

Yenny yakin cawapres nomor urut 3 Mahfud MD akan mendominasi jalannya debat nanti melawan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Gibran Rakabuming Raka.

“Pak Mahfud saya rasa dari semua cawapres adalah cawapres yang paling komprehensif,” ujarnya.

Menurut Yenny, Mahfud punya segudang pengalaman karena pernah menempati posisi di trias politica. Hal itu akan membuat perspektifnya lengkap dalam menanggapi tema dan pertanyaan debat nanti.

“Beliau pernah jadi legislatif, eksekutif dan yudikatif. Jadi seharusnya punya perspektif yang sangat-sangat lengkap dalam melihat suatu masalah,” ucapnya.

Yenny berharap debat cawapres juga bisa efektif mendongkrak elektoral. Ia meminta masyarakat bisa menyaksikan jalannya debat dan menyimak visi-misi para kandidat.

Sebelumnya, Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menilai gelaran debat calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 tak ubahnya sebagai pepesan kosong. Sebab ia menilai posisi wapres dalam pemerintahan adalah sebagai ban serep.

Baca Juga :   PDI-P Akan Segera Mengumumkan Calon Wakil Presiden Pendamping Ganjar Pranowo

“Menurut UUD, wapres itu ban serep. Tidak punya tanda tangan kebijakan. Kalau Presiden menugaskan kewenangan itu bagian kewenangan Presiden. Debat Cawapres itu pepesan kosong,” kata Andi, melalui unggahan di akun sosial media X, Selasa (19/11).

Pelaksanaan debat cawapres perdana rencananya digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12).

Debat ini akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema yang akan dibahas dalam debat nanti meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.