Berita  

Western Sydney University Indonesia Resmi Buka Kampus Internasional Pertama di Surabaya

suroboyo.id – Western Sydney University (WSU), perguruan tinggi ternama dari Australia dengan reputasi tinggi dalam standar edukasi yang inovatif, telah meluncurkan kampus internasional pertamanya di Kota Surabaya.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Chancellor Western Sydney University, Professor Jennifer Westacott AO, bersama dengan Vice Chancellor dan Presiden Professor Barney Glover AO. Mereka didampingi oleh Menteri Pendidikan Australia, Hon Jason Clare MP, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Prestasi tinggi Western Sydney University tercermin dalam peringkat pertama secara beruntun yang diraih selama dua tahun berturut-turut dari Times Higher Education (THE) University Impact Rankings, yang mengukur dampak universitas dalam konteks sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Dengan pencapaian tersebut, Western Sydney University terus memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya di Indonesia, dengan membawa pendidikan yang diakui secara internasional. Kampus di Surabaya ini menawarkan lingkungan belajar kelas dunia, didukung oleh aspirasi mahasiswa dan teknologi mutakhir.

Kampus Western Sydney University Indonesia berlokasi di Pakuwon Tower di pusat Kota Surabaya memberikan fokus khusus kepada kewirausahaan, ketahanan, serta keberlanjutan iklim.

Western Sydney University di Kampus Surabaya juga turut menghadirkan program inkubator start-up LaunchPad yang telah sukses membangun budaya wirausaha yang dinamis di kampus-kampus Western Sydney University lain. Program itu diharapkan dapat mengembangkan ekosistem start-up di Surabaya.

Dalam rangkaian acara itu, Western Sydney University Indonesia mengundang para pelajar/mahasiswa di Surabaya untuk berpartisipasi dalam Innovation Challenge yang dipandu fasilitator inkubator. Para peserta diberikan kesempatan untuk mengembangkan solusi mengenai topik hangat artificial intelligence (AI).

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan, sangat mengapresiasi komitmen serta partisipasi aktif Western Sydney University untuk turut membentuk generasi masa depan pemimpin Indonesia.

Baca Juga :   Imin Berharap Susi Pudjiastuti Bergabung dengan Tim Kampanye AMIN: Sudah Mengajaknya Lama

”Kami akan mendukung kemitraan dengan pemangku kepentingan nasional dan internasional untuk memperkuat dan meningkatkan jangkauan pendidikan berkualitas. Kami percaya bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi tanpa batas untuk dapat menuju Indonesia yang cemerlang. Karena itu, pendidikan menjadi kunci untuk membangun masa yang depan lebih baik,” papar Nadiem.

Chancellor Western Sydney University Professor Jennifer Westacott AO mengatakan, Western Sydney University Indonesia di Surabaya akan mendukung pertumbuhan dan transformasi ekonomi lokal.

”Hadirnya kami di Surabaya telah membuka babak baru sejarah perkembangan Western Sydney University Indonesia, sekaligus peluang bagi kami untuk memperkenalkan standar pendidikan berkualitas tinggi, serta memperluas jaringan mitra kami di bidang pendidikan dan industri, baik lokal maupun internasional,” jelas Jennifer Westacott.

Vice Chancellor dan Presiden Professor Barney Glover AO menuturkan, pihaknya akan menghadirkan standar pendidikan terkemuka serta metode pembelajaran yang inovatif di kampus kami di Surabaya, dengan harapan dapat berkontribusi menuju perkembangan ekonomi Indonesia melalui pendidikan dan keterampilan praktik untuk mahasiswa Indonesia.

”Kampus ini menjadi bentuk perwujudan komitmen kami untuk membina kewarganegaraan global dan menciptakan peluang untuk pembelajaran lintas budaya,” ucap Barney Glover.