Wali Kota Surabaya Terapkan Lokalisasi Kegiatan di Kelurahan-Kecamatan Untuk Mengatasi Keramaian Malam Tahun Baru

suroboyo.id – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, akan menerapkan kebijakan kegiatan di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk mengendalikan keramaian pada malam Tahun Baru.

Eri menyatakan bahwa rencana ini telah berhasil diterapkan tahun sebelumnya dan terbukti efektif dalam mengurangi keramaian dan kepadatan di jalan-jalan protokol Surabaya.

“Sudah ada koordinasi antara Forkompimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) dengan camat dan lurah setempat, jadi nanti kegiatan akan dilokalisir di setiap wilayahnya,” ujar Eri pada Sabtu (30/12/2023).

Eri memberikan kebebasan kepada setiap lurah dan camat untuk mengkreasikan kegiatan sesuai dengan kebutuhan warganya, dengan tujuan utama agar dapat menahan warga agar tidak memadati jalan-jalan kota.

“Insya Allah kami sampaikan posisi itu ada di setiap kecamatan, kami minta camat dan LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) membuat kegiatan sehingga bergeraknya di dalam satu kecamatan, supaya tidak berputar di Surabaya,” paparnya.

Eri yakin gerakan bersama ini efektif mencegah kemacetan di dalam kota, termasuk meminimalisir gangguan ketertiban.

“Kalau tahun lalu sama dan itu efektif, ini bukan gerakan sendiri-sendiri tetapi ini gerakan bersama, jadi ada yang skala kota dan skala kecamatan,” bebernya lagi.

Sebelumnya, polisi memastikan tidak ada rencana penyekatan kecuali muncul konvoi atau arak-arakan.

Pemantauan lalu lintas itu akan dilakukan di batas kota dan ruas jalan protokol. Namun, ketika ada konvoi, maka penyekatan langsung dilakukan secara situasional.