Viral Warga Rohingya Terdampar dengan Tas UNHCR di Pantai, Kapolri Berikan Penjelasan

suroboyo.id – Sebuah video viral menampilkan sejumlah warga Rohingya yang terdampar di pesisir pantai, dengan tas yang bertuliskan UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees).

Meskipun lokasi pantai tersebut belum diketahui, yang mencuri perhatian adalah penggunaan tas berlabel UNHCR oleh warga Rohingya tersebut.

UNHCR merupakan organisasi internasional di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang bertanggung jawab dalam bidang pengungsi.

Dalam video yang diunggah oleh akun rakah_aceh, keterangan disertakan: ‘Keren persiapan terdamparnya Kaum Rohingya disponsori oleh UNHCR’ dan ‘Tas Rohingya ada logo UNHCR’.

Menyikapi situasi ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penjelasan bahwa sejumlah warga Rohingya tersebut hanya melakukan transit di Indonesia dan memiliki rencana melanjutkan perjalanan ke negara tujuan mereka.

“Sebelumnya ada kesepakatan ya, bahwa terkait dengan pengungsi-pengungsi yang masuk ke negara transit dan akan ke negara tujuan, maka mau tidak mau kita harus menerima. Namun demikian kita bekerjasama dengan UNHCR,” kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

“Disana sudah ada pengaturannya, berapa lama di negara transit dan berapa lama sampai di negara tujuan,” sambungnya.

Meski begitu, jenderal bintang empat ini ingin agar tetap menghormati dan menghargai setiap Hak Asasi Manusia (HAM). Apalagi, memang mereka yang membutuhkan bantuan.

“Yang paling penting tentunya kita tetap harus menghormati, menghargai, hak-hak asasi manusia, menghormati warga negara lain yang memang membutuhkan pertolongan kita,” ujarnya.

“Kemudian pada saat berada di Indonesia, tidak jadi masalah saya kira itu. Ini kewajiban kita untuk membantu, bekerjasama dengan badan Internasional,” pungkasnya.