Tinggal Seminggu, Ini Cara Daftar Pemilihan Cak Ning Surabaya Tahun 2022

Pendaftaran Cak dan Ning Surabaya 2022
Pendaftaran Cak dan Ning Surabaya 2022

Suroboyo.id – Gelaran pemilihan Cak dan Ning Surabaya tahun 2022 mulai digaungkan, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Disbudporapar masih membuka kesempatan pendaftaran ajang bergengsi ini.

Sereza Buana Febrian selaku Ketua Paguyuban Cak dan Ning Kota Surabaya menyebut bahwa pendaftaran dilakukan secara terbuka dan dapat diikuti masyarakat umum dengan mengikuti peryaratan yang telah ditentukan.

Lebih rinci, Sereza juga menyebut beberapa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon Cak dan Ning Kota Surabaya, seperti.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Surabaya, Murah dan Instagrammable

Syarat Pendaftaran Cak dan Ning Surabaya 2022

Syarat Peserta

  • Memiliki KTP Surabaya
  • Laki-laki (Cak) tinggi min 170 cm
  • Perempuan (Ning) tinggi minimum 160 cm
  • Usia 18-24 tahun
  • Belum menikah
  • Sudah mendapat vaksin min dosis kedua
  • Belum pernah mengikuti pemilihan duta wisata di daerah lain

Syarat Administratif

  • Fotocopy KTP (2 lembar);
  • Bagi yang telah berusia 18 Tahun dan belum memiliki KTP, dapat menggunakan fotocopy KK (Kartu Keluarga) sebanyak 2 lembar;
  • Formulir pendaftaran yang telah terisi;
  • Foto Close Up dan seluruh badan ukuran 4R, masing-masing 2 lembar (background putih, baju hitam berkerah,celana hitam )Bagi Ning yang berhijab ; ( Baju hitam berkera ,celana hitam ,jilbab bewarna cream )
  • Surat Izin orang tua + (Materai 10.000)
  • Fotokopi dokumen bukti Vaksin Covid-19;
  • Mau berkreasi untuk Kota Surabaya

Sereza melanjutkan, di PCNS tahun 2022 ia menargetkan ada 400 orang pendaftar. Selama dua pekan terakhir, semenjak dibuka pendaftaran di Grand Opening Roadshow pada 27 Agustus 2022 lalu, saat ini ada 200 orang. “Sampai saat ini sudah ada 200 lebih pendaftar. Pendaftaran PCNS tahun ini ada peningkatan daripada di tahun 2021 yang hanya ada 160 pendaftar, karena pada waktu itu angka penularan Covid-19 sedang tinggi,” jelas Sereza, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga :   Buruh Mencalonkan Kenaikan UMK Surabaya 15 Persen, Pemkot Menunggu Panduan Pusat

Sereza bersama timnya juga menggelar roadshow di beberapa perguruan tinggi, kafe hingga menyiarkan informasi PCNS tahun 2022 melalui siaran radio di Kota Surabaya. Selain itu, roadshow PCNS tahun 2022 juga digelar di 31 Kecamatan Surabaya dengan menggandeng pemuda Karang Taruna.

“Kami juga menggelar roadshow di beberapa event di Surabaya, seperti di Balai Pemuda, Jembatan Suroboyo dan ada juga di Kya-kya,” kata Sereza.

Pedaftaran PCNS 2022 juga bisa melalui link bit.ly/cakningsby2022 di akun instagram @cakningsby, mulai dari 27 Agustus – 8 Oktober 2022. Sedangkan untuk pengembalian formulir pendaftaran, bisa dikembalikan di sekretariat Cak dan Ning Surabaya di lantai 2 Gedung Siola, mulai dari tanggal 10 – 23 Oktober 2022.

Baca Juga: Kemendesa Membuka Pendaftaran Rekrutmen PLD 2022, Berikut Link dan Persyaratannya

Setelah itu, akan digelar technical meeting pada tanggal 29 Oktober 2022, sedangkan untuk proses penyisihannya akan digelar pada 31 Oktober hingga 2 November 2022. Selanjutnya, para peserta akan melalui tahap selanjutnya hingga grand final pada 12 November 2022.

Sereza menambahkan, ada banyak keuntungan dan pengalaman bagi anak muda yang ikut dalam seleksi PCNS. Selain sebagai wadah untuk belajar dan berkreasi, juga akan mengenal lebih banyak seni, budaya dan bahasa Surabaya.

“Selain itu, dengan mengikuti seleksi Cak dan Ning juga bisa menambah relasi, baik itu di lingkup pemkot atau dengan komunitas – komunitas anak muda di Surabaya,” pungkasnya.