Steve Harwell, Mantan Vokalis Smash Mouth dan Penyanyi Lagu “All Star” Meninggal Dunia

suroboyo.id – Kabar duka datang dari dunia musik, dengan berita mengenai kepergian Steve Harwell, mantan vokalis band Smash Mouth yang dikenal lewat lagu viral “All Star.”

Berdasarkan laporan dari People pada Selasa (5/9/2023), kabar ini diumumkan oleh manajer band, Robert Hayes.

Steve Harwell meninggal dunia pada tanggal 4 September 2023, pada usia 56 tahun, di rumahnya yang terletak di Idaho, Amerika Serikat.

Robert Hayes mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Steve meninggalkan kita dalam ketenangan, dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya.

Band Smash Mouth juga mengungkapkan rasa duka mereka atas kepergian mantan vokalis mereka melalui unggahan di akun Instagram resmi grup.

Mereka mengakui prestasi Steve dalam menciptakan fokus yang luar biasa dan tekadnya yang kuat dalam mencapai kesuksesan di dunia musik pop. Pencapaian ini menjadi semakin mengesankan karena pengalaman musiknya yang terbatas.

Sehari sebelum meninggal dunia, Steve Harwell dinyatakan menerima hospice care—perawatan untuk pasien dengan sakit tahap lanjut atau bahkan menghitung waktu untuk berpulang.

Kepada Entertainment Weekly, perwakilan sang musisi mengatakan, Steve Harwell mengalami gagal hati tahap akhir. People memberitakan bahwa hal inilah yang akhirnya merenggut nyawa sang musisi.

Steve Harwell diketahui sempat menjalani perawatan di rumah sakit, kemudian pulang dan disebut hanya punya waktu sekitar seminggu untuk hidup.

Selama tiga hari terakhir, sahabat dan kerabat berkumpul untuk menemani pelantun “Rockstar” ini. Sebelumnya, Steve Harwell diketahui memiliki riwayat sejumlah penyakit.

Pada 2016—saat masih bergabung dalam Smash Mouth—ia kolaps di tengah konser dan dilarikan ke rumah sakit. Setahun setelahnya, Smash Mouth juga mesti menunda sejumlah jadwal manggung karena sang vokalis menjalani perawatan untuk masalah jantung.

Ia juga sempat didiagnosis dengan cardiomyopathy, gagal jantung, dan ensefalopati wernicke akut.

Tahun 2021, ia memutuskan pensiun dan mundur dari Smash Mouth setelah kondisi kesehatannya memburuk, bahkan beredar video ia meracau di atas panggung.