Sinopsis Hacksaw Ridge: Kisah Penuh Pengorbanan Tentara Medis AS dalam Perang Dunia II

suroboyo.id – Film Hacksaw Ridge, yang akan ditayangkan di Bioskop Trans TV pada Minggu, 24 Desember 2023, pukul 23.30 WIB, mengangkat kisah nyata seorang tentara medis Amerika Serikat, Desmond Doss, selama Perang Dunia II.

Disutradarai oleh Mel Gibson, film ini dirilis pada tahun 2016 dan diperankan oleh para aktor ternama seperti Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving, dan Rachel Griffiths.

Sinopsis Film Hacksaw Ridge

Cerita dimulai di Virginia, mengisahkan masa kecil Desmond Doss, seorang pemuda yang tumbuh dalam keluarga konflik. Meskipun ayahnya mengalami trauma perang dan berusaha melarang Desmond bergabung dalam pertempuran, pemuda ini memiliki keyakinan kuat untuk tidak membunuh dan menolak untuk menyentuh senjata.

Desmond, yang menjalin hubungan romantis dengan perawat bernama Dorothy Schutte, memutuskan mendaftar dalam militer Amerika Serikat. Namun, tantangan besar muncul karena ia menolak membawa senjata atau berpartisipasi dalam latihan militer yang melibatkan penggunaan senjata.

Tapi Doss tetap melanjutkannya. Ia ditempatkan dalam pelatihan dasar di bawah komando Sersan Howell. Meskipun tubuhnya kecil, tapi Doss unggul secara ketahanan fisik.

Ia membuat para pelatih dan rekannya heran karena Doss sama sekali tidak mau memegang senjata. Hal ini berkaitan karena Doss tak mau menodai kepercayaannya yang tak memperbolehkan membunuh siapapun.

Howell dan Kapten Glover berusaha untuk membebaskan Doss karena alasan kejiwaan berdasarkan Bagian 8 tetapi ditolak, karena keyakinan agama Doss bukan merupakan penyakit mental.

Mereka kemudian menyiksa Doss dengan menempatkannya pada latihan yang melelahkan, harapannya agar Doss mengundurkan diri. Bahkan suatu malam Doss dipukuli oleh rekan-rekan tentaranya. Tapi dia tetap teguh pendirian dan menolak untuk mengidentifikasi siapa pelakunya.

Doss menyelesaikan pelatihan dasar dan berhak mengambil cuti. Hari itu ia ingin menikahi Dorothy. Namun sayang penolakannya membawa senjata api menyebabkan ia ditangkap karena dianggap membangkang.

Kapten Glover dan Dorothy mengunjungi Doss di penjara dan mencoba meyakinkannya untuk mengaku bersalah sehingga dia dapat dibebaskan tanpa tuduhan, tetapi Doss menolak untuk mengkompromikan keyakinannya.

Di pengadilan militer, Doss mengaku tidak bersalah. Beruntungnya sebelum dijatuhi hukuman, ayahnya masuk ke pengadilan dengan surat dari mantan komandannya.

Surat itu menyatakan bahwa pasifisme putranya dilindungi oleh Konstitusi AS. Lalu mampukah Doss bertahan di medan Perang Dunia II? Adakah keajaiban lainnya dari keyakinan yang dipegang teguh?