Berita  

Ribuan Orang Indonesia Ikut dalam Aksi Solidaritas Palestina yang Disoroti Media Asing

suroboyo.id – Minggu (5/11), ribuan orang Indonesia turut serta dalam aksi solidaritas untuk Palestina di Jakarta, dan hal ini menjadi sorotan beberapa media asing.

Salah satunya adalah Arab News, media yang berbasis di Arab Saudi, yang menuliskan laporan dengan judul “Solidaritas untuk Kemanusiaan: Ribuan Orang Demo di Jakarta Dukung Palestina.”

Dalam laporannya, Arab News menyebutkan bahwa aksi ini merupakan yang terbesar sejak Israel memulai agresi di Gaza pada tanggal 7 Oktober.

Mereka juga mencatat bahwa aksi dukungan untuk Palestina bukanlah yang pertama terjadi. Sejak konflik dimulai, sejumlah demonstrasi dengan skala yang beragam, mulai dari kecil hingga menengah, juga telah terjadi di Indonesia.

Media yang berbasis di Singapura, Straits Times (ST), turut melaporkan aksi yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas) akhir pekan ini.

Mereka menulis laporan dengan judul “Warga RI Ikut Aksi Damai di Jakarta Bentuk Solidaritas ke Palestina.”

Di paragraf kedua, mereka menuliskan para pedemo mengenakan jubah putih dan syal Palestina hitam-putih.

“Mereka mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan ‘Allahu Akbar’ dan ‘Bebaskan Palestina’ sambil menuntut pasukan Israel mengakhiri pengepungan mematikan di Gaza,” demikian menurut ST.

Ketika rekaman aksi pengeboman di Gaza terpampang di layar, tokoh-tokoh Muslim bergiliran menyampaikan pidato di atas panggung di Monas. Mereka menyerukan, antara lain, boikot barang-barang Israel dan penyelidikan serangan Israel di Gaza di pengadilan internasional.

Sementara itu, media yang berbasis di Qatar, Al Jazeera, merilis foto-foto warga di berbagai negara demo dukung Palestina.

Al Jazeera mencantumkan foto yang diambil secara luas menggambarkan orang-orang berkumpul di Monas. Mereka juga tampak mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia.

“Orang-orang berkumpul di Kompleks Nasional untuk berdemo mendukung warga Palestina di Gaza,” demikian keterangan di foto itu.

Baca Juga :   Hari Terakhir Pendaftaran CPNS: Tips Agar Sukses saat Login ke SSCASN

Indonesia merupakan salah satu negara mayoritas Muslim yang mendukung kemerdekaan Palestina dan mengutuk keras agresi Israel.

Di berbagai forum internasional termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerukan penghentian aksi kekerasan di Gaza.

Dia juga mengkritik Dewan Keamanan PBB yang dianggap gagal mengatasi perang Israel-Hamas.