Berita  

Puan Maharani: Jokowi Menjadi Seorang Negarawan dengan Dukungan kepada Semua Capres-Cawapres

suroboyo.id – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, mengungkapkan penghargaan terhadap pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan dukungan kepada semua calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden 2024.

Puan menyatakan bahwa sikap yang diambil oleh Jokowi patut disebut sebagai tindakan seorang negarawan. Artinya, Jokowi tidak berpihak atau memberikan dukungan khusus kepada salah satu kandidat dalam persaingan Pilpres 2024.

“Justru apa yang disampaikan oleh beliau adalah contoh nyata dari sifat seorang negarawan. Sebagai Presiden Republik Indonesia, beliau harus memastikan bahwa dia tidak bersikap memihak dalam kontestasi Pilpres yang akan datang,” ujar Puan setelah menghadiri Apel Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, pada Minggu (22/10).

Menurut Puan Maharani, sebagai seorang presiden, Jokowi tentu berkeinginan agar Pemilu dan Pilpres 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa menimbulkan ketegangan di tengah masyarakat.

“Karena [Jokowi] berkeinginan agar jalannya pesta demokrasi 2024 bisa berjalan dengan baik, lancar, adem ayem, gembira, rakyat tidak deg-degan, tidak tertekan. Saya apresiasi apa yang disampaikan Pak Jokowi,” ujarnya.

Ia juga yakin, Jokowi yang masih kader PDIP itu juga menempatkan dirinya, agar bersikap sebagai presiden bagi seluruh rakyatnya, bukan untuk golongan atau kelompok tertentu saja.

“Apa yang dilakukan Pak Jokowi menurut saya beliau pasti bisa menempatkan dirinya sebagai Presiden RI, presiden seluruh Rakyat Indonesia,” ucapnya.

Presiden Jokowi akhirnya buka suara soal arah dukungannya dalam Pilpres 2024.

Jokowi menyatakan dirinya tidak memihak dan akan mendukung semua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang maju Pilpres 2024.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” kata Jokowi, usai menghadiri Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10) pagi.

Baca Juga :   Terkuak, Ini Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pilihan Prabowo yang Akan Diumumkan

Hal itu juga sebagai respons terhadap pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang ingin tahu apakah Jokowi masih mendukung Ganjar Pranowo.

Saat ditanya apakah ia cenderung memilih salah satu calon, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun kembali menegaskan ia mendukung semua kandidat demi kebaikan negara.