Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya Dihadiri oleh Presiden Jokowi, Keamanan Diperketat

suroboyo.id – Perayaan Natal Nasional tahun 2023 akan diselenggarakan di Gereja Bethany Nginden, Surabaya pada Rabu (27/12/2023).

Wali Kota Eri Cahyadi telah meningkatkan langkah-langkah keamanan, baik pada perayaan Natal pada Senin (25/12/2023) maupun perayaan Natal Nasional.

Eri menyatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) telah berkoordinasi dengan Polrestabes dan Forkopimda Surabaya untuk memastikan persiapan keamanan yang optimal. Ia juga berencana untuk mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait pelaksanaan keamanan di gereja-gereja.

“Saya juga akan memeriksa pada tanggal-tanggal sebelum hari raya Natal. Karena saya berharap perayaan Natal di Kota Surabaya dapat berlangsung dengan baik, lancar, dan aman. Surabaya ini adalah kota toleransi,” ujar Eri ketika diwawancara di sekolah Xin Zhong, Selasa (12/12/2023).

Presiden Joko Widodo direncanakan akan menghadiri perayaan Natal Nasional tersebut, karena peristiwa ini berpusat di Gereja Bethany Surabaya.

“Insyaallah (Presiden Jokowi) hadir, karena beliau yang membuka acara Natal Indonesia di Surabaya. Semoga semuanya diberikan kelancaran dan keamanan,” ujarnya.

Karena Natal Indonesia dihadiri oleh presiden, Eri menyebut akan ada pengetatan keamanan. Selain dari Forkopimda juga dari paspamres sesuai dengan protokol kedatangan presiden.

“Ya pasti (memperketat keamanan). Kalau keamanan kita jalan seperti biasa. Cuman kalau presiden datang kan keamanan di Gereja Bethany pasti akan ada protapnya dari paspampres, bagaimana keamanan di Bethany,” jelasnya.

Sebelum digelar Natal di Gereja Bethany maupun gereja lainnya, Eri akan meninjau terlebih dahulu untuk persiapannya. Pengecekan dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Saya bersama Forkopimda nanti akan mengecek seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita akan cek beberapa hari sebelum acara natal, karena persiapan-persiapan sudah kita sampaikan. Dan edaran terkait keamanan juga terkait acara natal juga kita edarkan,” pungkasnya.