Pengujian Ungkap Keunggulan Daya Tahan Baterai iPhone 15 Plus dibandingkan dengan iPhone 15 Pro Max

suroboyo.id – Setelah peluncuran iPhone 15, berbagai pengujian daya tahan baterai mulai dilakukan oleh berbagai pihak.

Apple telah memberikan penghargaan pada keefisienan chip A17 Pro yang berukuran 3nm, sehingga banyak yang mengharapkan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max akan menjadi yang terdepan dalam pengujian ini.

Salah satu yang melakukan pengujian adalah Mrwhosetheboss, yang telah beberapa kali melakukan pengujian daya tahan baterai pada perangkat iPhone.

Seperti yang kita ketahui, spesifikasi teknis dari Apple biasanya hanya memberikan informasi seputar daya tahan baterai iPhone dalam hal pemutaran audio atau video.

Menurut data resmi Apple, iPhone 15 Pro Max dapat bertahan hingga 25 jam saat melakukan streaming video, sementara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Plus mampu bertahan hingga 20 jam dalam kondisi serupa.

Namun, dalam hal pemutaran audio, Pro Max hanya mampu bertahan selama 95 jam, sedangkan iPhone 15 Plus mencapai impresif 100 jam.

Informasi itu biasanya menjadi acuan untuk menggambarkan kemampuan antar model, tapi sebenarnya sulit untuk dipakai untuk megetahui kemampuannya di dunia nyata.

Alasannya, penggunaan ponsel sehari-hari biasanya lebih berat daripada sekadar menonton video atau memutar musik.

Oleh sebab itu, Mrwhosetheboss mencoba membuat simulasi pola penggunaan harian yang lebih realistis, dengan melakukan aktivitas yang menguras daya seperti menonton video TikTok, Zoom, merekam video di kamera, dan bermain game.

Lalu, layar ponsel akan tetap menyala sepanjang waktu hingga baterai habis dan mati. Adapun hasil pengujian itu menunjukkan lini iPhone 15 ternyata berhasil mengalahkan seluruh seri lama iPhone.

iPhone generasi terbaru ini berhasil mengalahkan iPhone 13 Pro Max yang sebelumnya disebut memiliki daya tahan baterai terbaik.

Baca Juga :   Samsung S23 FE Resmi Dirilis di Indonesia: Spesifikasi dan Harga

Dari pengujian itu, iPhone 15 Pro mampu bertahan selama 9 jam 20 menit, yang kemudian disusul iPhone 15 yang bertahan kurang dari 10 jam.

Selanjutnya, iPhone 15 Pro Max mampu bertahan 11 jam 41 menit. Lalu, iPhone 15 Plus ternyata menjadi perangkat yang bertahan paling lama dengan menyala selama 13 jam dan 19 menit.

Spesifikasi Seri iPhone 15

Seperti yang kita tahu, terdapat empat model terbaru iPhone yang dikenalkan Apple, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Untuk iPhone 15 dan iPhone 15, sekarang membawa fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di iPhone 14 Pro dan Pro Max. Selain itu, layarnya menggunakan Super Retina XDR dengan OLED.

Spesifikasi iPhone 15, layarnya berukuran 6,1 inci, sementara iPhone 15 Plus mengusung layar yang lebih besar yaitu 6,7 inci.

Kecerahan HDR dari perangkat ini bisa mencapai 1.600 nits, sementara kecerahan puncak di luar ruangan dapat mencapai 2.000 nits, atau 2 kali lebih terang dibandingkan iPhone 14.

iPhone 15 juga menghadirkan kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel dan 100% Focus Pixels yang dilengkapi 24MP default untuk foto beresolusi super tinggi, serta 2x opsi telefoto.

Pengguna dapat melakukan 2x perbesaran untuk foto dengan telefoto, untuk mengambil gambar yang diperbesar dua kali dengan kualitas optik.

Fitur fotografi lainnya di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus adalah mode portrait baru. Perangkat dapat secara otomatis mendeteksi saat ada seseorang di dalam frame, sehingga pengguna bisa beralih ke portrait mode dengan lebih mudah.

iPhone 15 dan 15 Plus menggunakan chipset A16 Bionic yang sebelumnya disematkan di iPhone 14 Pro.

Baca Juga :   Samsung Galaxy S24 Ikuti Jejak iPhone 15 dengan Menggunakan Frame Titanium Untuk Bahannya

Spesifikasi iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max

Apple pun telah mengonfirmasi penggunaan port USB-C di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Keduanya pun bakal hadir dengan membawa iOS 17.

Beralih ke model tertinggi, iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max hadir dengan ukuran layar masing-masing, sama dengan seri sebelumnya yaitu 6,1 inci dan 6,7 inci.

Juga masih ada Dynamic Island untuk menampung kamera selfie dan sensor FaceID. Namun, bezelnya terlihat lebih tipis, sehingga menghasilkan rasio layar ke bodi yang sedikit lebih besar.

iPhone 15 Pro dilengkapi kamera utama 48MP yang kini mendukung super high resolution 24MP, mode portrait dengan kontrol Fokus dan Kedalaman, penyempurnaan pada Night Mode dan Smart HDR.

Selain itu, terdapat kamera Telefoto 5x yang secara eksklusif di iPhone 15 Pro Max.

Harga iPhone 15 Series

Dari segi performa, iPhone 15 Pro dan Pro Max akan ditenagai chip A17 3nm terbaru Apple dan port USB-C yang lebih cepat dari model standar karena dukungan kecepatan hingga USB 3.

Apple mengklaim GPU A17-nya 20 persen lebih cepat dari seri sebelumnya dengan efisiensi daya yang lebih baik. Untuk pertama kalinya pada chip seri A, A17 mendukung ray tracing yang dipercepat dengan perangkat keras.

Harga iPhone 15 Pro mulai USD 999 atau sekitar Rp 15,3 juta untuk model 128GB, sedangkan iPhone 15 Pro Max mulai dari USD 1.199 atau sekitar Rp 18,4 juta untuk model 256 GB.

Di Amerika Serikat, iPhone 15 dipasarkan dengan harga mulai dari USD 799 untuk 128 GB atau Rp 12,2 juta dan iPhone 15 Plus dijual dengan harga mulai dari USD 899 atau Rp 13,8 juta untuk 128 GB.