Pembaruan Infrastruktur: Presiden Jokowi Resmikan Tiga Jembatan Megah di Banyumas dengan Investasi Puluhan Miliar Rupiah

suroboyo.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meresmikan tiga jembatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sebagai bagian dari upaya pembaruan infrastruktur di Pulau Jawa.

Ketiga jembatan tersebut adalah Jembatan Tajum Margasana Banyumas, Jembatan Tajum Karangbawang Banyumas, dan Jembatan Jurug B Solo-Karang Anyar.

“Di Pulau Jawa ini ada 37 jembatan Callender Hamilton yang harus diganti karena umur layanan lebih dari 40 tahun, dan pada hari ini kita akan meresmikan 3 jembatan yang telah selesai di Provinsi Jateng,” kata Jokowi di Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa (2/1/2024).

Dengan total investasi senilai puluhan miliar rupiah, pembangunan ketiga jembatan ini melibatkan Jembatan Tajum Margasana sebesar Rp 72 miliar, Jembatan Tajum Karangbawang sebesar Rp 89 miliar, dan Jembatan Jurug B sebesar Rp 90 miliar.

“Ini akan memperbaiki dan merevitalisasi jembatan yang memang sudah saatnya untuk diperbarui karena beban transportasi dan logistik yang ada di atas jembatan semakin hari semakin berat,” tambah Jokowi.

“Kita harapkan dengan jembatan baru ini mobilitas barang, mobilitas orang semakin terjamin keamanan juga kecepatannya,” kata Jokowi.

Jokowi lalu meresmikan 3 jembatan itu sekaligus. “Dengan mengucap bismillahirrahmaanirrahim pada siang hari ini, saya resmikan Jembatan Tajum Margasana Banyumas, Jembatan Tajum Karangbawang Banyumas, Jembatan Jurug B Solo-Karangayar,” jelasnya.