Pemakaman Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Terhambat oleh Hujan

suroboyo.id – Kombes Victor Mackbon, Kapolresta Jayapura Kota, mengungkapkan bahwa pemakaman mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, harus ditunda karena kondisi hujan yang menghambat proses tersebut.

“Walaupun demikian, pemakaman mantan Gubernur Papua tetap akan dilaksanakan pada hari ini, Jumat,” ungkap Kombes Mackbon kepada Antara, Jumat di Jayapura.

Pemakaman yang awalnya dijadwalkan pada pukul 09.00 WIT terpaksa ditunda karena cuaca yang tidak mendukung. Pada pagi hari Jumat di kawasan Koya Tengah, hujan masih turun, sehingga keluarga memutuskan untuk menunda pelaksanaan pemakaman.

Mackbon berkata hingga pukul 10.00 WIT belum diketahui pasti jam berapa pemakaman akan dilaksanakan. Namun aparat gabungan TNI-Polri masih terus bersiaga.

Dia menambahkan personel yang dikerahkan untuk mengamankan prosesi pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe tercatat 1.500 personel .

“Saat ini anggota TNI-Polri sudah bersiaga di sejumlah titik di sekitar Koya Tengah mengingat jenazah akan dimakamkan di kediamannya di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, ” katanya.

Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal tanggal 26 Desember lalu di RSPAD Gatot Subroto Jakarta dan jenazah tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura Kamis (28/12).

Saat tiba, massa yang mengiringi jenazah Lukas Enembe rusuh. Akibatnya, sejumlah mobil dan rumah hangus terbakar dan belasan orang mengalami luka-luka.