Pecahnya Kaca Rumah Sakit di Surabaya Barat, BMKG Memberikan Penjelasan Terkait Hujan Besar

suroboyo.id – Sebuah video yang memperlihatkan momen pecahnya kaca di salah satu rumah sakit swasta di Surabaya barat setelah hujan besar pada Minggu (26/11) sore menjadi viral di media sosial TikTok.

Pengguna TikTok dengan username @vivi_rondonuwu mengunggah video tersebut, menunjukkan detik-detik kaca rumah sakit di Darmo Permai, Surabaya Barat, pecah di tengah guyuran hujan deras. Video ini berhasil ditonton oleh 88,1 ribu orang.

Vivi menyebutkan bahwa kejadian pecahnya kaca terjadi sekitar pukul 15.00. Saat itu, langit di kawasan Surabaya barat sudah mulai mendung gelap sejak pukul 14.12, dengan arah mendung datang dari Menganti, Gresik.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angkat bicara terkait insiden ini untuk memberikan penjelasan terkait kondisi cuaca saat itu.

”Kejadiannya di Darmo Permai,” ucap Vivi saat membalas komentar pengguna TikTok lain ketika menanyakan lokasi kejadian.

Dari video yang diunggah, sebelum kaca yang diduga berlokasi di lobi itu pecah, terlihat angin kencang berembus. Volume air hujan pun tampak besar. Area luar kaca di dalam video terlihat samar. Hal itu menggambarkan bagaimana kondisi dan situasi hujan yang lebat.

Sementara itu, Adi Hermanto Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak mengatakan, sejak awal November, wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya memang sudah memasuki masa musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke musim hujan.

”Yang ditandai dengan mulai intensnya hujan sedang-lebat disertai badai guntur dan dapat disertai angin kencang berdurasi singkat,” ujar Adi Hermanto.

Adi mengimbau agar pengguna jalan tidak berteduh di bawah pohon. Dia meminta agar pengendara menghindari bangunan yang rawan roboh.