Natal Nasional di Gereja Bethany Surabaya: Persiapan 90%, Jokowi Akan Hadir

suroboyo.id – Gereja Bethany di Jalan Nginden Intan Timur I, Sukolilo, Surabaya, bersiap-siap menyelenggarakan Perayaan Natal Nasional pada tanggal 27 Desember 2023. Acara ini akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Ketua Yayasan Bethany Surabaya, Ronny Djaja Sanjata, mengungkapkan bahwa progres persiapan untuk Natal Nasional telah mencapai 90 persen. Sisanya hanya tinggal pelaksanaan gladi bersih sebelum acara berlangsung.

“Dari panitia lokal, kami hanya sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Sejauh ini, persiapan sudah mencapai 90 persen, tinggal gladi bersih dan Paspampres akan hadir besok (Senin),” ujar Ronny kepada suroboyo.id pada Minggu (24/12/2023).

Ronny juga menjelaskan bahwa Natal Nasional di Gereja Bethany merupakan yang pertama kalinya diadakan di gereja itu sendiri. Biasanya, ibadah Natal Nasional diselenggarakan di hall atau gedung lain yang memiliki kapasitas besar.

“Ini mungkin pertama Natal nasional di gereja. Gereja Bethany ini terbesar di dunia nomor 4 dan Asia Tenggara nomor 1,” ungkap Ronny.

Dalam Natal Nasional mendatang akan ada 17 ribu jemaat yang hadir. Jumlah jamaat ini dibatasi karena kapasitas gereja ini sendiri sebenarnya bisa mencapai 25 ribu jemaat.

Ada yang berbeda pula dari pelaksanaan ibadah Natal kali ini. Ibadah akan dipimpin oleh PGI atau persekutuan gereja-gereja di Indonesia serta KWI atau Konferensi Waligereja Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo pun akan turut hadir dalam pelaksanaan Natal Nasional tahun ini. Oleh karena itu, seluruh pihak Forkopimda Jatim juga turut bekerja sama untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pelaksanaan Natal.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Pangdam V/Brawijaya Mayjen Rafael Granada Baay. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk persiapan Natal Nasional.

“Kami selalu berkomunikasi dengan bu gubernur, pak kapolda, dan dengan panitia, panitia kebetulan dari Kemenkominfo yang akan menyelenggarakan kegiatan Natal nasional di Jawa Timur. Harapan kita pelaksanaan nanti berjalan tertib, aman, sampai selesai,” tutur Rafael.

Penyelenggaraan Natal Nasional di Gereja Bethany Surabaya juga mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ia berharap perayaan Natal Nasional akan berlangsung aman dan lancar.

“Mudah-mudahan natal kali ini bisa berjalan aman, lancar, damai penuh kasih untuk seluruh masyarakat. Terutama untuk yang merayakan natal. Untuk kehadiran pak presiden Insyaallah 27 besok lusa tentu sama dengan Pak pangdam. Kita berharap semua bisa berjalan lancar. Dan terima kasih gereja Bethany sudah berkenan menjadi tuan rumah,” ujar Khofifah.