Berita  

Meski FO Djuanda Diuji Coba, Kemacetan Tetap Merayap dari Sidoarjo ke Surabaya

suroboyo.id – Akses Flyover Djuanda resmi mengalami uji coba fungsional pada Jumat, 15 Desember 2023. Namun, kendala kemacetan di sekitar FO Djuanda dari Sidoarjo menuju Surabaya masih belum teratasi.

Dari pemantauan Harian Disway, kepadatan lalu lintas masih terjadi khususnya dari arah Sidoarjo. Kemacetan masih terlihat hingga ke depan Pasmar 2 Korps Marinir Gedangan.

Kendala lalu lintas ini disebabkan oleh pekerjaan di frontage barat bagian luar, tepat di depan SPBU Aloha, yang mengakibatkan terjadinya bottleneck lalu lintas.

Situasi semakin sulit dengan adanya tambahan kendaraan yang keluar dari arah Desa Sawotratap. Kemacetan baru berhasil terurai setelah melewati SPBU Aloha.

Dampaknya pun dirasakan bagi kendaraan yang akan naik ke FO A dari Sidoarjo menuju Juanda. Mereka harus berjibaku dengan kemacetan untuk bisa masuk ke akses FO Djuanda jalur A.

Bahkan jika sudah terlanjur berada di lajur kiri, akan kesulitan untuk menuju ke FO. Pasalnya pintu masuk akses FO A berada di U turn Aloha.

Untuk itu, disarankan bagi kendaraan dari Sidoarjo menuju ke Juanda, untuk mengambil lajur kanan. Juga bagi kendaraan yang menuju ke Surabaya yang berada di lajur kanan, bisa melalui ‘jalur cacing’ atau akses yang melewati bawah FO Djuanda.

Pengerjaan frontage barat itu ditarget tuntas pada 21 Desember 2022. Itu berarti, kemacetan masih akan berlangsung sepekan lagi. Padahal, Flyover Djuanda sudah bisa diakses mulai hari ini.

“Kita lihat selama uji coba nanti. Kalau macet akan ada evaluasi. Tapi, saya kira kendaraan akan bisa terpecah,” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional BBPJN Jawa-Bali I Made Gede Widhiyasa kepada Harian Disway.

Perlu diketahui, uji coba FO Djuanda berlangsung selama sepekan, hingga tanggal 21 Desember 2023.

Baca Juga :   Partai NasDem Mengakui Menerima Bantuan Rp 20 Juta dari SYL tanpa Mengetahui Sumber Dana

Dari hasil koordinasi BBPJN Jawa-Bali dan Forum Lalu Lintas, jam operasional FO Djuanda dibatasi. Mulai pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Kemudian akan ditutup kembali dan dilakukan evaluasi. Uji coba akan kembali dilaksanakan pada 24 Desember. Karena Uji coba fungsional ini dilakukan juga dalam rangka dukungan infrastruktur jelang Natal dan Tahun Baru.