Berita  

Mengenang Dr. Victor Chang: Pelopor Bedah Transplantasi Jantung yang Diabadikan dalam Google Doodle

suroboyo.id – Baru-baru ini, Google Doodle menghadirkan penghargaan khusus untuk merayakan ulang tahun ke-87 dr. Victor Chang, seorang ahli bedah jantung terkenal asal Australia.

Namun, seberapa familiar kamu dengan sosok dr. Victor Chang yang dihormati melalui Google Doodle ini?

Dr. Victor Chang dikenal secara luas sebagai pelopor dalam bidang bedah transplantasi jantung modern. Dedikasinya dalam dunia medis, khususnya di bidang transplantasi jantung, telah menciptakan warisan yang masih terasa hingga saat ini.

Lahir di Shanghai pada tanggal 21 November 1936, Victor Chang telah menyumbangkan pengetahuan dan keahliannya untuk mengembangkan teknik bedah yang inovatif dalam melakukan transplantasi jantung.

Dia kemudian dikirim ke Australia untuk tinggal bersama keluarganya pada awal tahun 1950-an. Victor Chang kemudian melanjutkan studi kedokteran dan bedah di AS dan Inggris sebelum kembali ke Sydney.

Di sana, dia bergabung dengan tim dokter yang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia pada tahun 1968. Dr. Chang tidak hanya menjadi bagian dari sejarah, tetapi ia juga memimpin langkah-langkah penting dalam perkembangan bedah jantung.

Pada tahun 1984, dr Victor Chang membuat sejarah dengan melakukan transplantasi jantung pertama yang berhasil di Australia.

Kesuksesan ini diikuti oleh operasi penyelamatan pada Fiona Coote, seorang gadis remaja berusia 14 tahun.

Operasi ini membuatnya menjadi penerima transplantasi jantung termuda di Australia dan menciptakan rekornya sebagai penerima yang bertahan hidup paling lama.

Inovasi dalam Kardiologi

Selain menjadi ahli bedah jantung terkemuka, dr Chang juga terkenal karena inovasinya dalam pengembangan katup jantung buatan.

Katup ini bukan hanya revolusioner dalam dunia medis, tetapi juga lebih terjangkau secara global, meningkatkan aksesibilitasnya untuk prosedur penyelamatan nyawa.

Baca Juga :   Kok Bisa, Pemdes Ngumpul Jogoroto Jombang Bangun Saluran di Tanah Warga

Keberhasilannya dalam menggabungkan keahlian bedah dengan pemikiran inovatif membuatnya diakui tidak hanya di Australia, tetapi juga secara internasional.

Tragedi yang Meninggalkan Duka

Namun, kehidupan dr Victor Chang diputus secara tragis pada tahun 1991 ketika dia dibunuh dalam sebuah upaya pemerasan yang gagal di pinggiran kota Sydney.

Kematian mendadak ini mengejutkan komunitas medis dan masyarakat, merenggut salah satu pakar bedah terbaik Australia.

Warisan dan Penghargaan

Meskipun tak lagi hadir di antara kita, warisan dr Victor Chang tetap hidup.

Penghargaan tertinggi Australia pada tahun 1986 diberikan padanya sebagai pengakuan atas dedikasinya terhadap hubungan internasional dan ilmu kedokteran.

Pada tahun 1999, dia terpilih sebagai “Australian of the Century” dalam People’s Choice Awards.

Keluarga dan Misi Kemanusiaan

Dr Victor Chang tidak hanya dikenang sebagai ahli bedah ulung, tetapi juga sebagai individu yang peduli pada kemanusiaan.

Dia mendirikan Victor Chang Foundation pada tahun 1984 untuk mendidik petugas medis di Asia Tenggara di Australia.

Keyakinannya bahwa kesuksesan sejati adalah dengan berbagi pengetahuan dan keahlian telah memberikan inspirasi kepada banyak orang.

Penghargaan Google Doodle kepada dr Victor Chang adalah bentuk penghormatan atas perjuangannya dalam dunia medis.

Meski kehilangan fisiknya, warisan dan inspirasinya terus mengalir, mengingatkan kita akan pentingnya terus maju dalam penelitian medis demi kesehatan global.