Memahami Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Jadwalnya Mulai 26 Desember 2023

suroboyo.id – Puasa Ayyamul Bidh, merupakan amalan sunah yang dilakukan setiap tanggal 13-15 pada bulan Qomariyah dalam penanggalan Hijriah.

Rasulullah SAW sendiri telah mempraktikkan puasa Ayyamul Bidh selama hidupnya, memberikan makna keberkahan pada amalan tersebut.

Puasa Ayyamul Bidh bukan hanya sekadar ibadah, tetapi juga memiliki keutamaan yang luar biasa serta pahala yang dapat dinikmati sepanjang tahun. Untuk menjalankan puasa ini dengan benar, penting untuk memahami jadwal, panduan, dan niat yang harus dinyatakan.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023

Pada akhir tahun 2023, kesempatan untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh kembali hadir, dimulai sejak hari ini. Informasi mengenai jadwal puasa Ayyamul Bidh Desember 2023 dapat ditemukan dalam kalender yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI, sebagaimana diulas oleh detikcom pada Selasa (26/12/2023).

– 13 Jumadil Akhir 1445 H : Selasa, 26 Desember 2023
– 14 Jumadil Akhir 1445 H : Rabu, 27 Desember 2023
– 15 Jumadil Akhir 1445 H : Kamis, 28 Desember 2023

Panduan Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023

– Niat

Bacaan niat sebaiknya dilafalkan secara lisan, tak sekadar dibaca dalam hati. Umat Muslim diperbolehkan membaca niatnya mulai malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal atau posisi matahari condong ke barat. Syaratnya, tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

– Sahur

Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat Muslim dianjurkan sahur terlebih dahulu pada waktu menjelang Subuh sebelum imsak.

– Buka Puasa

Apabila telah memasuki waktu Maghrib, sunnah bagi orang yang menjalankan ibadah puasa Ayyamul Bidh untuk menyegerakan berbuka puasa.

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023

نَوَيْتُصَوْمَاَيَّامَاْلبِيْضِسُنَّةًلِلهِتَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala.

Artinya: Saya berniat puasa sunnah ayyamul bidh karena Allah ta’ala.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023

Bagi umat Muslim, ibadah puasa Ayyamul Bidh dicatat seperti orang yang berpuasa sepanjang tahun. Meski jika tidak diamalkan tidak akan mendapat dosa, namun sungguh disayangkan jika melewatkan pahala yang bisa diperoleh dari mengerjakannya.

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda kepadanya,

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi, no. 761)

Berbeda dengan puasa wajib, niat puasa sunah seperti Ayyamul Bidh ini boleh dilakukan di pagi hari atau setelah terbit fajar. Niat puasa boleh diucapkan secara lisan maupun di dalam hati.

Jika lupa membaca niat puasa Ayyamul Bidh pada malam hari, maka niat boleh diucapkan pada pagi hari dengan syarat belum makan atau minum dan melakukan hal-hal lain yang membatalkan.

Itu dia jadwal puasa Ayyamul Bidh di pengujung tahun 2023. Semoga amalan Anda diterima Allah SWT.