Berita  

Katering di Surabaya Terbakar, Diduga Akibat Kecelakaan LPG yang Menyebabkan 1 Orang Terluka

suroboyo.id – Sebuah rumah usaha katering di Jalan Manyar I Nomor 2, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, dilaporkan mengalami kebakaran yang diduga disebabkan oleh kebocoran gas LPG. Dalam peristiwa tersebut, seorang perempuan dilaporkan mengalami luka bakar.

Petugas dari Command Center 112 Surabaya, Mario, menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada Rabu (22/11/2023) pukul 04.15 WIB. Kejadian ini bermula ketika salah satu penghuni, Ratna Ispandari, sedang melakukan kegiatan memasak. Namun, gas LPG yang digunakan oleh Ratna habis.

Sebagai langkah pengganti, Ratna kemudian mengganti tabung gas dengan yang baru. Saat proses pergantian ini dilakukan, ternyata masih ada kompor yang menyala. Akibatnya, api dengan cepat menyambar tubuh Ratna, menyebabkan luka bakar yang dialaminya.

“Menurut keterangan dari pemilik rumah, saat proses memasak tiba-tiba LPG habis. Kemudian pemilik langsung mengganti gas LPG tanpa mematikan kompor, seketika muncul api dan langsung menyambar tangan kanan pemilik rumah,” kata Mario dalam keterangannya, Rabu (22/11/2023).

Gegara panik, Ratna sempat berupaya memadamkan api. Namun, api justru meluas ke beberapa sudut ruangan hingga mengakibatkan kebakaran lantaran cara memadamkan api dilakukan dengan cara yang salah.

“LPG ngebros, sempat dipadamkan namun caranya salah, kemudian ditaruh dalam kamar mandi dan terjadi ledakan,” ujarnya.

Akibatnya, atap rumah Ratna juga terbakar. Lalu, menyambar ke bengkel las dan kios es kelapa yang ada di sampingnya.

Usai mengetahui hal itu, petugas pemadam kebakaran menuju lokasi. Beruntung, api yang melahap rumah yang digunakan untuk usaha katering dapat dipadamkan. Total ada 15 unit damkar yang diterjunkan untuk menjinakkan si jago merah.

“Kami terima berita 04.31 WIB, tiba di lokasi 04.33 WIB dan langsung melakukan pemadaman. Api pokok padam 04.48 WIB, pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif 05.29 WIB,” tuturnya.

Baca Juga :   Amad Leumbeng Kembali Serahkan Bantuan Korban Banjir Aceh Timur

Usai memadamkan api, petugas mendapati luas area yang terbakar mencapai 15 x 15 meter. Menurutnya, api berasal dari pergantian LPG di mana ada kompor lain yang masih menyala.

Lantas, petugas berupaya menolong Ratna. Sebab, tangan kanannya terbakar saat kejadian.

“Kondisi luka bakar pada tangan kanan sekitar 9%, dilakukan penanganan di lokasi oleh rekan PMI,” tutupnya.