Kapolda Jatim Serahkan 50 Body Cam ke Polrestabes Surabaya untuk Kesiapan Operasi Lilin Semeru 2023 dan Pam Pilpres 2024

suroboyo.id – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto, secara langsung menyerahkan 50 unit Body Cam kepada anggota Polrestabes Surabaya dalam rangka kesiapan Operasi Lilin Semeru 2023 dan Pengamanan Pemilu Presiden 2024. Penyerahan ini berlangsung di Lapangan A Polrestabes Surabaya pada Rabu (20/12/2023).

Body kamera ini merupakan hibah dari PT. MPU (Mega Pratama Unggul) dan Spintech, dengan total kamera sebanyak 50 unit dan nilai keseluruhan mencapai 1,3 miliar rupiah.

“Irjen Pol Imam Sugianto berharap, ‘Harapan kita dengan adanya launching body kamera ini akan bermanfaat untuk petugas di lapangan,’” ujar Irjen Pol Imam Sugianto pada Rabu (20/12/2023).

Kapolda Jatim menambahkan, alat ini sangat berguna karena dapat merekam secara real-time posisi anggota di lapangan dan situasi yang dihadapi.

“Dengan bodycam ini pula anggota tidak bisa mangkir dari pelaksanaan tugasnya di lapangan, itu betul-betul terekam dalam kamera bodycam ini yang kemudian dikoneksikan dengan command center yang ada di Polrestabes Surabaya,”ujar Kapolda Jatim.

Kapolda Jatim juga mengatakan nantinya bodycamp akan berkembang kepada petugas-petugas lain seperti Reserse, Satlantas dan fungsi lainnya.

“Ini adalah titik tolak dari penggunaan teknologi, kedepan mudah-mudahan bisa berkembang lebih banyak dan kalau bisa idealnya seluruh anggota yang ada di lapangan menggunakan body kamera,” pungkasnya.

Body Cam adalah sistem perekaman audio, video, atau fotografi yang dapat dipakai oleh Polisi untuk merekam peristiwa yang melibatkan petugas penegak hukum, dari sudut pandang petugas yang memakainya.