Berita  

Jokowi Resmi Luncurkan Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

suroboyo.id – Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, secara resmi meluncurkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama ‘Whoosh’ pada Senin, 2 Oktober 2023, di Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Dalam pernyataannya, Jokowi mengungkapkan, “Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini merupakan tonggak modernisasi transportasi massal kita yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya.”

Kereta peluru ini, yang merupakan produk dari negara Tiongkok, dirancang untuk mengangkut lebih dari 600 penumpang dari Jakarta ke Bandung, Jawa Barat, dan sebaliknya, dalam waktu hanya 45 menit. Proyek ini adalah bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road dari Tiongkok, yang menjadi wujud komitmen mereka dalam memajukan sektor transportasi di kawasan ini.

Pemilihan nama ‘Whoosh’ bukanlah kebetulan. Whoosh adalah singkatan dari “Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hemat,” yang sekaligus menggambarkan kecepatan operasional yang menjadi ciri utama dari kereta cepat ini.

Jokowi mengatakan pemerintah memang menghadapi sejumlah tantangan dalam menggarap proyek yang serba baru ini. Namun dia mengambilnya sebagai pelajaran berharaga.

“Karena itu saya pesan agar kita semuanya tidak alergi terhadap kritik dan tetap semangat untuk belajar. Karena pengalaman kita membangung infrastruktur, baik jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, transportasi, telah memberikan pengalaman dan bekal kita utk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan,” kata Jokowi.

Presiden meresmikan proyek ini pada pukul 9.00 WIB di peron tiga Stasiun Kereta Cepat Jakarta – Jakarta Bandung. Peresmian dihadiri sejumlah tokoh seperti Ibu Negara Iriana Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua MPR Bambang Susatyo, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Pj Gubernur Jabat Bey Machmudin, MenterI PUPR Basuki Hadimuljono, Dirut KAI Didiek Hartantyo, Dirut KCIC Dwiyana Slamer Riyadi, Chairul Tanjung.

Baca Juga :   Penggeledahan Rumah Anggota Komisi IV Terkait Kasus SYL: KPK Sita Dokumen dan Bukti Elektronik

Kementerian Perhubungan menerbitkan Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum untuk KCJB pada Selasa, 26 September 2023.

Ini dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan keluarnya izin operasi ini, KCJB telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat.

“Alhamdulillah seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” ujar dia lewat keterangan tertulis pada Ahad, 1 Oktober 2023.