Jokowi Menepis Rumor Menjadi Sekjen PBB: “Kembali ke Solo, Jadi Rakyat Biasa”

suroboyo.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan terhadap pertanyaan wartawan mengenai spekulasi bahwa dirinya sedang dipertimbangkan sebagai calon Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saya akan kembali ke Solo, menjadi rakyat biasa,” ujar Jokowi menjawab pertanyaan seorang wartawan terkait isu kemungkinan menjadi Sekjen PBB, setelah mengunjungi pasar tradisional di Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa (2/1).

Jokowi menyatakan keinginannya untuk menjalani kehidupan sebagai rakyat biasa setelah menyelesaikan masa kepemimpinannya sebagai Presiden Indonesia selama 10 tahun. “Setelah itu, kembali menjadi rakyat biasa di Solo,” tambahnya.

Isu Jokowi berpeluang menjadi Sekjen PBB sempat beredar pada awal 2023. Saat itu beredar video di Facebook yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi ditunjuk langsung oleh Sekjen PBB Antonio Guterres sebagai penggantinya setelah lengser pada Desember 2026 nanti.

Namun pada 5 Februari 2023, Kominfo sudah melabeli informasi tersebut sebagai disinformasi alias informasi palsu.

Di sisi lain, Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga sempat menilai Jokowi layak menjadi Sekjen PBB usai menyelesaikan tugas pada 2024 mendatang. Ia mengatakan jasa dan warisan Jokowi luar biasa sehingga pantas menjabat sebagai Sekjen PBB.

Pernyataan tersebut Said sampaikan di Kompleks Parlemen pada 14 November 2022. Ia berkata Jokowi telah membangun jaringan internasional yang luas dalam 10 tahun terakhir. Menurutnya, jaringan itu sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan dunia dalam menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, Said bilang, Jokowi juga sudah menunjukkan kapasitasnya di kepemimpinan nasional dalam mendorong isu-isu lingkungan selama ini.