Viral  

Hari Pelanggan Nasional, Makna Penting Pelanggan bagi UMKM

suroboyo.id – Setiap tahun, pada tanggal 4 September, kita merayakan Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas. Seperti yang telah kita sadari, peran pelanggan memiliki dampak yang sangat besar dalam kelangsungan dan perkembangan usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pada suatu acara Tokopedia Media Workshop yang diadakan di Yogyakarta pada akhir Agustus yang lalu, dua pengusaha UMKM berbagi pandangan dan rasa terima kasih mereka terhadap pelanggan.

Menurut Nurul Akbar, Senior Brand Manager Bakpia Kukus Tugu Jogja, pelanggan adalah pilar utama yang menentukan eksistensi usaha mereka.

“Tidak ada pelanggan, tentu tidak ada kami. Pelanggan merupakan aset yang sangat penting buat kami,” ujarnya di Yogyakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

“Kami terus berkomitmen terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Visi kami untuk memberikan kebahagiaan dalam setiap momen kehidupan. Ibaratnya pelanggan dalam bahasa Jawa, sedulur (saudara kandung) atau konco kenthel (teman dekat),” sambungnya.

Bagi bisnis kuliner Bakpia Kukus Tugu Jogja, pelanggan berada di urutan nomor satu dan salah satu agen promosi dari mulut ke mulut.

Sementara itu, menurut Caecilia Ruli, General Manager Larissa Aesthetic Center, pelanggan adalah sahabat.

“Kami tumbuh dan besar karena pelanggan. Tanpa pelanggan, Larissa Aesthetic Center yang saat ini sudah memiliki hampir satu juta customer (pelanggan) secara nasional tidak akan sebesar saat ini.

Pelanggan adalah sahabat, mitra bagi kami. Tidak hanya menjadi objek bagi produk kami. mereka bestie kami,” jelasnya.

Dalam melayani pelanggan, perempuan yang akrab disapa Lia itu mengatakan selalu menggunakan hati. Menurut dia, dalam mengelola bisnis yang menghadirkan produk maupun layanan, menyentuh hati pelanggan dan memenuhi kebutuhannya adalah kunci pelanggan akan loyal pada suatu merek.

Baca Juga :   Fаbіо Quаrtаrаrо Bеrhаrар Lеbіh!

Maka dari itu, dia dan tim berupaya menjalin ikatan seperti keluarga dengan pelanggan. “Kami dengan pelanggan tidak hanya transaksional. Setelah perawatan atau membeli produk kami, kami follow up. Bagaimana produk yang digunakan, bagaimana produk sudah diterima sesuai jumlah,” tuturnya.

“Kalau di klinik, dokter kami akan menyapa bagaimana kesembuhan Anda, proses penyembuhan, apa yang dirasakan,” lanjutnya.