Berita  

Hari Anak Sedunia 20 November 2023: Sejarah dan Tema yang Mengangkat Kesadaran Hak Anak

suroboyo.id – Anak-anak di seluruh dunia dianggap sebagai penerus cita-cita bangsa, namun tidak semua dari mereka memiliki keberuntungan untuk menikmati masa kanak-kanak yang layak.

Menyadari masalah ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperhatikan pentingnya menjamin kesejahteraan anak-anak, sehingga Hari Anak Sedunia dirayakan setiap 20 November sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak anak.

Sejarah tanggal 20 November sebagai Hari Anak Sedunia melibatkan peran aktif Perserikatan Bangsa-Bangsa, terutama UNICEF (Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa). Peringatan ini bertujuan untuk menyuarakan isu-isu terkait kesejahteraan dan hak anak-anak di seluruh dunia.

Sejarah Hari Anak Sedunia

UNICEF, melalui situs resminya, menjelaskan bahwa Hari Anak Sedunia adalah perayaan tahunan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan dan hak anak-anak.

Tema yang diangkat pada Hari Anak Sedunia 2023 tentunya menjadi bagian penting dalam menyuarakan pesan penting ini kepada masyarakat global.

Peringatan ini pertama kali dicetuskan pada 1954. Namun, laman resmi PBB menyebutkan, namanya dulu adalah Universal Children’s Day atau Hari Anak Universal.

Hari Anak Universal juga jatuh pada 20 November. Tujuan dari peringatan tersebut adalah untuk mendorong kesadaran dan kebersamaan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Barulah pada 1990, nama hari penting internasional tersebut berganti menjadi World Children’s Day hingga saat ini. Adapun tahun 1990 menandakan hari jadi Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi Hak Anak.

Lantas, mengapa tanggal 20 November dipilih untuk Hari Anak Universal maupun Sedunia? Sebagai informasi, 20 November adalah tanggal yang penting bagi PBB, nih, detikers.

Tanggal tersebut merupakan waktu ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak pada 1954. Pada tanggal yang sama pula, tetapi di tahun 1989, Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Baca Juga :   KPK Resmi Tetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo sebagai Tersangka Korupsi

Hingga sekarang, tanggal 20 November rutin diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Pada hari tersebut, ruang tercipta bagi anak-anak dan remaja untuk menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu yang penting bagi mereka.

Pada waktu yang sama pula, Hari Anak Sedunia menawarkan kepada semua orang untuk mengadvokasi, mempromosikan, dan merayakan hak-hak anak, yang diterjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Tema Hari Anak Sedunia 2023

Ada tema spesial yang diusung pada peringatan Hari Anak Sedunia 2023, yakni “For Every Child, Every Right” yang artinya ‘Bagi Setiap Anak, Setiap Hak’. Dijelaskan oleh situs resmi UNICEF bahwa setiap anak memiliki hak atas beberapa hal, yakni

– setiap anak di mana saja berhak hidup dalam dunia yang damai;
– setiap anak berhak atas planet yang aman dan layak huni; serta
– setiap anak wajib didengarkan dan diikutsertakan dalam semua pengambilan keputusan yang akan memengaruhi mereka.