Berita  

Gibran Rencanakan Hadir di HUT Golkar Tanpa Kepastian ‘Dikuningkan’

suroboyo.id – Bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka, telah mengkonfirmasi kehadirannya pada perayaan ulang tahun Partai Golkar yang ke-59 di Jakarta pada Senin (6/11).

Meskipun hadir dalam acara tersebut, putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut mengklaim bahwa dia tidak mengetahui apakah akan diumumkan sebagai anggota Partai Golkar atau “dikuningkan.”

“Enggak. Rencananya enggak seperti itu [diumumkan jadi kader Golkar]. Hanya mendatangi HUT [Golkar] saja,” kata Gibran usai menghadiri acara Haul Achmad Zayadiy Notokartono di Pondok Pesantren Az-Zayadiyy Solo, Senin (6/11) dini hari.

Pertama kali kabar mengenai keputusan Gibran untuk bergabung dengan Partai Golkar diumumkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto mengaku menerima telepon dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Lewat sambungan telepon Airlangga menyampaikan bahwa Gibran–yang semula kader PDIP–akan menjadi anggota partai Golkar.

Saat dikonfirmasi mengenai pernyataan Hasto itu, Gibran enggan menjawab. “Ya silakan tanya Pak Hasto,” balasnya menjawab pertanyaan wartawan.

Sebelumnya, usai membuka Rakorda DPP PDIP NTB di Mataram pada akhir pekan lalu, Hasto mengatakan kepada wartawan, “Kami sudah menerima telepon dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa Mas Gibran ini ‘dikuningkan’, di Golkar-kan.”

Dengan begitu, Hasto mengatakan Gibran otomatis sudah bukan lagi kader PDIP. Selain itu, dia pun mengatakan Gibran sudah mengirimkan surat pengunduran diri dari partai, sehingga secara etika politik terpenuhi.

Terpisah, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono pun buka suara merespons pernyataan Hasto itu.

Ia tak menjawab lugas kabar Gibran jadi kader Golkar, dan kemungkinan akan diumumkan sebagai pada Senin (6/11) ini yang bertepatan dengan perayaan puncak HUT ke-59 partai tersebut.

Baca Juga :   Jokowi Meminta Pembangunan Jalur LRT Menuju Bogor dan Manggarai

Dave hanya meminta publik menunggu dan Airlangga yang akan menyampaikan.

“Tunggu besok [Senin] Ketum [Airlangga Hartarto] yang sampaikan ya,” kata Dave saat dikonfirmasi, Minggu

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan acara puncak HUT ke-59 Golkar hari ini merupakan acara tunggal tanpa ada acara tambahan lainnya.

Ia membantah dalam acara hari jadi partai beringin tersebut akan menjadi momentum pengumuman Gibran Rakabuming sebagai kader.

“Tidak ada agenda politik yang lain seperti yang diberitakan sebelumnya,” ujar Nurul dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Nurul mengatakan acara HUT juga merupakan agenda internal yang hanya akan dihadiri para kader internal partai, dan perwakilan DPD seluruh Indonesia.