Berita  

Gibran Rakabuming Raka Dijuluki ‘Cawapres Keren’ Setelah Menarik Perhatian dalam Debat Pilpres 2024

suroboyo.id – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mendapatkan pujian dan sentimen positif dari netizen setelah tampil dalam debat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center pada malam Jumat (22/12).

Riset yang dilakukan oleh Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menunjukkan hasil ini, menggambarkan respons dan sentimen di media sosial terhadap penampilan Gibran bersama dua cawapres lainnya, yaitu Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar, dalam debat tersebut.

Menurut hasil riset yang diterima pada Sabtu (23/12), Gibran mencatatkan diri dengan sentimen positif sebesar 77,69 persen dalam percakapan di platform media sosial X (Twitter).

Hasil tersebut didapat melalui tren perbincangan di X selama periode waktu debat pada pukul 19.00-21.50 WIB. Perbincangan diambil dari 22.424 pembicaraan yang dilakukan 17.125 pemilik akun X.

Posisi Gibran kemudian diikuti oleh Mahfud MD yang meraih sentimen positif sebesar 64,03 persen dan Muhaimin Iskandar dengan hanya mencatat 4,27 persen penilaian positif netizen.

“Rendahnya sentimen positif Cak Imin disebabkan karena netizen menilai performanya selama debat kurang, dan bisa jadi menurunkan elektabilitasnya dengan Anies,” tulis Continuum INDEF.

Riset juga merinci berbagai impresi yang diberikan netizen untuk penampilan Gibran. Mayoritas netizen, lanjut Continuum, menilai penampilan Gibran sangat dominan dan menguasai panggung.

Sebanyak 70,7 persen menilai Gibran berpenampilan keren dan dominan di panggung. Sebesar 16,3 persen menganggap Gibran menguasai materi debat dengan baik.

“Selain itu, netizen juga memperbincangkan Gibran yang awalnya dikira akan kesusahan. Tapi ternyata, penampilannya sangat bagus dan menguasai materi,” rangkum Continuum.

Selain itu, Gibran juga menjadi sosok cawapres yang paling disorot di platform lain seperti YouTube. Nama Gibran disorot di dalam 30 ribu komentar yang muncul di platform tersebut.

Baca Juga :   Gibran Pastikan Pembangunan IKN Akan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi dan Buka Lapangan Pekerjaan di Kalimantan

Sementara itu, berdasarkan data Word Cloud, Gibran juga disebut sebagai sosok ‘cawapres keren’.

“Gibran juga disebut sebagai cawapres yang kren dan cerdas,” tulis Continuum.

Namun demikian, Gibran juga tetap tak lepas dari sentimen negatif. Beberapa netizen menyoroti sikap Gibran yang dinilai sombong.

“Namun di sisi lain Gibran juga disorot sebagai sosok yang sombong dan beremosi tinggi saat beradu gagasan dengan calon lainnya,” tulis Continuum.

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12). Debat diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pukul 19.00 WIB dengan melibatkan para calon wakil presiden.

Ketiga cawapres yang beradu gagasan antara lain Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema debat cawapres 22 Desember 2023 adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Gibran menjadi salah satu cawapres yang paling disorot. Salah satu pasalnya karena pilihannya untuk menggunakan istilah-istilah asing dalam debat, mulai dari carbon capture and storage (CCS) dan State of the Global Islamic Economy.