Dobby Viral di TikTok: Fenomena Zee JKT48 dan Makna Di Balik Istilah Harry Potter

suroboyo.id – TikTok selalu menjadi sumber berbagai tren menarik yang menimbulkan rasa penasaran di kalangan pengguna internet. Salah satu tren terbaru yang tengah viral adalah istilah “Dobby,” yang mencuat setelah Zee JKT48 berbagi curhat di platform tersebut.

Zee JKT48, salah satu anggota JKT48, membuat posting-an curhat yang menyatakan dirinya sering dikatai mirip dengan karakter Dobby. Namun, apa sebenarnya makna di balik istilah tersebut?

Dobby, dalam konteks yang dimaksud oleh Zee JKT48, merupakan nama karakter dalam dunia Harry Potter yang berasal dari bangsa elf atau peri rumah.

Karakter ini dikenal memiliki kepribadian yang cenderung menyalahkan diri sendiri, merasa rendah diri, dan merasa tidak pantas terhadap segala sesuatu, terutama karena perannya sebagai peri rumah pelayan bagi keluarga penyihir.

Dalam kisah Harry Potter, Dobby selalu merasa bersalah dan pantas dihukum atas segala kesalahan atau ketidakmampuannya dalam menjalankan tugas-tugasnya. Karakter ini mencerminkan sifat rendah diri dan rasa bersalah yang mendalam.

Namun, ternyata istilah Dobby memiliki makna lain yang tengah viral di TikTok. Menurut informasi dari Research Gate, istilah ini juga terkait dengan dunia kesehatan dan dikenal sebagai Dobby Syndrome atau Dobby Effect.

Dobby Effect menurut laman Exploring Your Mind digambarkan sebagai perasaan bersalah setelah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai. Oleh karena rasa bersalah ini, orang cenderung menghukum diri sendiri atau menyakiti diri karena perasaan bersalah tersebut.

Padahal, masih menurut artikel yang sama, perasaan bersalah tak melulu harus diatasi dengan menghukum atau menyakiti diri sendiri.

Laman tersebut menyarankan bagi orang-orang yang mengalami perasaan serupa Dobby Effect ini untuk mencari bantuan ahli atau profesional di bidang psikologi.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Bayi

Sementara itu, jika saat ini kamu mencari dengan kata Dobby di TikTok, akan muncul berbagai video yang memperlihatkan seorang wanita kerdil dengan bentuk wajah kecil tirus.

Judul-judul video yang memperlihatkan perempuan yang kerap disapa Xiao Xiao ini tertulis “Dobby”. Karena penampakan fisiknya, perempuan kerdil ini dianggap mirip Dobby sang peri rumah di Harry Potter.

Terlepas dari itu, berbagai video Xiao Xiao viral di Indonesia karena banyak akun yang mengunggah ulang. Video ini ramai usai diunggah oleh akun TikTok @chinesejunkfood.2024.

Videonya disaksikan oleh jutaan kali dengan jumlah komentar yang cukup banyak. Itulah penjelasan tentang istilah Dobby yang viral di TikTok.