Suroboyo.id –Memo merupakan sebuah nota atau surat peringatan tidak resmi, ataubentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan (memorandum).

Memo sendiri terdiri dari dalam dua jenis, yaitu memo resmi dan memo tidak resmi.

Memo resmi biasanya dikeluarkan oleh sebuah lembaga, organisasi, maupun instansi. Sedangkan memo tidak resmi biasanya ditujukan pada teman, saudara, dan kerabat yang sifatnya pribadi.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Serta Cara Membuatnya

Berikut adalah beerapa contoh memo Resmi dan tidak resmi

Contoh Memo Resmi

1. Memo Organisasi

Dinas Pendidikan Jawa Tengah

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Solo

MEMO

22 Mei 2021

Dari : Kepala Sekolah

Kepada : Seluruh Dewan Guru Dan Staff Sekolah

Dimohon untuk seluruh dewan guru dan para staf untuk ikut serta mengingatkan para siswa SMK Negeri 1 Solo dalam gerakan kerapian, seperti memasukan baju, memakai sepatu hitam seragam, dan kerapian rambut, hal ini dilakukan agar para siswa menjadi terlatih dan terbiasa untuk selalu tampil rapi pada saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Terimakasih.

Kepala Sekolah

Kino Saputra

2. Memo Perusahaan

Telp. 0212121212

MEMO

Dari: Direktur Utama

Kepada : Staff Keuangan

Tolong Anda persiapkan laporan keuangan bulan ini. Laporan tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi dengan dewan direksi yang akan dilaksanakan pada rapat bulanan, tanggal 19 Desember 2019, pukul 10.00 WIB, di aula kantor.

Laporan keuangan tersebut masih banyak yang perlu untuk dipersiapkan, maka dari itu saya sangat berharap agar Anda dan segenap staf dapat menyiapkan laporan tersebut secepat mungkin. Jangan lupa untuk softcopy laporan tersebut kirimkan ke surel saya. Sekian dan terima kasih.

Depok, 13 Desember 2021

Baca juga: Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar

Contoh Memo Tidak Resmi

1. Contoh 1

Dari : Ayah

Kepada : Sandra

Kak Sandra, hari ini Ayah dan Ibu ada acara kantor yang mendadak sehingga tidak bisa pulang cepat. Ayah minta tolong kepada Kakak untuk menjemput Elina di tempat mengaji nanti jam 5 sore. Setelah itu, ajak Elina untuk salat maghrib bersama dan belajar ya karena besok Elina ada ulangan IPS. Nanti jika acara sudah selesai, Ayah dan Ibu tentu akan segera pulang dan membelikan makanan enak untuk makan malam kita bersama.

Malang, 24 April 2022

Ayah Tercinta

Agus Hermawan

2. Contoh 2

Dari : Kintan

Kepada : Wahyu

Maaf ya Wahyu, kemarin aku tidak sempat membalas chatmu hehe saat itu aku sedang ingin sendirian saja karena ada masalah tertentu, tapi sekarang masalah itu sudah selesai kok. Jadi, jika kamu hendak chat aku lagi, tentu saja bisa. Aku minta maaf karena beraninya hanya lewat memo ini, karena tidak enak untuk ngomong langsung. Maaf ya…

Denpasar, 21 Juli 2022

Temanmu yang cantik

Intan