Viral  

Cikini Gondangdia Menghibur Delegasi KTT ASEAN dalam Gala Dinner

suroboyo.id – Pada jamuan makan malam atau gala dinner KTT ASEAN ke-43, suasana semakin meriah dan penuh keceriaan berkat penampilan istimewa dari lagu “Cikini Gondangdia”. Lagu ini berhasil membuat para delegasi tergoda untuk berjoget dan menikmati momen tersebut.

Beberapa delegasi terkemuka, termasuk Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dan Ibu Negara Filipina Liza Araneta Marcos Jr, terlihat bergoyang dengan irama lagu yang dinyanyikan oleh Aurelie Moeremans.

Tidak hanya delegasi asing, para menteri dari Kabinet Indonesia Maju juga tidak ingin melewatkan kesempatan untuk ikut bergoyang. Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menlu Retno Marsudi ikut meramaikan suasana dengan menikmati lagu “No Comment” yang ditampilkan oleh Aurelie setelah penampilan “Cikini Gondangdia.”

Acara yang diadakan di kawasan hutan kota Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, diawali dengan hidangan khas ‘Nusantara The Forest’ yang disertai dengan lantunan lagu dari alat musik Sasando. Sasando merupakan alat musik petik khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terbuat dari daun lontar melengkung.

Petikan Sasando melantunkan nada lagu What A Wonderful World yang dipopulerkan Louis Armstrong, lalu dirangkai dengan lagu Wonderful Tonight karya Eric Clapton, dan Leaving on a Jet Plane karya John Denver.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pidato singkat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaligus membuka jalannya acara gala dinner.

“Selamat malam, selamat datang di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. Saya tahu ini hari yang panjang, kita mengadakan pertemuan KTT hari ini. Tapi sekarang mari kita nikmati malam ini dan rayakan kebersamaan kita malam ini,” katanya.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia mempersembahkan karya terbaik seniman muda Indonesia dalam perhelatan tersebut.

Baca Juga :   Gibran Rakabuming Raka: Kejutan 'Jurus Menyerang' dalam Debat Cawapres Pilpres 2024

Panggung terbuka berdimensi sekitar 50 x 30 meter persegi menampilkan beragam pertunjukan kesenian dari masing-masing negara ASEAN dan dirangkai hiburan musik dari sejumlah artis Ibu Kota.

Adalah Dirga Sugandi yang mengawali penampilan artis Ibu Kota melalui lantunan lagu Mahadaya Cinta karya komposer Guruh Soekarno Putra.

Gitaris Tohpati tampil mengiringi penyanyi Sashadania membawakan lagu September karya komposer Al McKay, Alle Willis, dan Maurice White.

Penyanyi Andien tampil membawakan lagu C.H.R.I.S.Y.E melalui balutan komposer Laleimanino dan Tohpati.

Andien juga berduet dengan Teddy Adhitya melantunkan lagu Tomorrow (A Better You Better Me) karya komposer George Jhonson, Louise Jhonson, dan Seidah Garret.

Acara pun bertambah semarak lewat penampilan duet musisi Yura Yunita dan Afgan yang membawakan tembang daerah Rasa Sayange dan Nonton Bioskop yang dibalut aransemen modern.

Disambung oleh penyanyi Rinni yang sukses membuat tamu undangan berjoget melalui lagu Dancing Queen karya komposer Benny Andersson.

Tak kalah meriah, grup musik Shine Of Black asal Papua tampil dengan lagu Jang Ganggu yang dilanjutkan oleh penampilan Silet Open Up dan Saykoji berjudul Kaka Main Salah.