Suroboyo.id – Simak biodata dan profil dari Reza Rahadian. Siapa yang tidak kenal dengan aktor Reza Rahadian? Sebagai pemain film yang telah membintangi puluhan judul film layar lebar, namanya sudah sangat tidak asing lagi di telinga seluruh masyarakat Indonesia.

Reza Rahadian merupakan anak sulung dari dua bersaudara dari pasangan Rahim yang berdarah Iran dan Pratiwi Widantini Matulessy yang berasal dari Ambon.

Ia memiliki satu orang adik laki-laki bernama David Jonathan Timothee Matulessy.

Nama Rahadian merupakan gabungan dari nama orang tuanya yang berarti anak buah hati dari Rahim dan Pratiwi. Sedangkan Matulessy adalah nama keluarga dari snag ibu.

Baca juga: Biodata Ussy Sulistiawaty Lengkap dengan Agama, Fakta Menarik dan Akun Instagram

Biodata dan Profil Reza Rahadian

Nama Panggung : Reza Rahadian

Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 5 Maret 1987

Umur : 34 Tahun

Agama : Islam

Profesi : Aktor, Model dan Presenter

Orang Tua : Pasangan Rahim (Ayah) dan Pratiwi Widantini Matulessy (Ibu)

Saudara : David Matulessy (adik)

Pasangan Kekasih : Tidak ada (melajang)

Prestasi dan Penghargaan :

  • Piala Citra Pemeran Utama Pria Terbaik (2010,2013,2016)
  • Piala Citra Pemeran Pendukung Pria Terbaik (2009)
  • Festival Film Bandung Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop (2010,2013,2016)
  • Indonesia KCA untuk Aktor Favorit (2013)
  • Indonesia KCA Penghargaan Big Inspiration (2017)
  • Indonesian Choice Award Actor of the Year ( 2016 dan 2017)
  • Piala Maya Aktor Utama Terpilih (2016 dan 2017)
  • Indonesian Movie Actors Award Pemeran Utama Pria Terbaik (2017)

Berdasarkan biodata Reza Rahadian diatas, dirinya mulai aktif di industri hiburan sejak tahun 2004 hingga sekarang. Tidak langsung menjadi seorang aktor, Reza Rahadian mengawali kariernya dari dunia modelling. Dia berhasil meraih juara untuk kategori Favorite Top Guest pada majalah Aneka Yess! Pada tahun 2004.

Karier aktingnya diawali dengan berperan dalam sebuah sinetron berjudul Inikah Rasanya yang diproduksi oleh Rapi Films pada tahun 2004. Dan dia mengawali debutnya dalam dunia perfilman pada tahun 2007 yang berjudul Film Horor.

Kemudian, Ia juga bermain di film berjudul Perempuan Berkalung Sorban yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo pada tahun 2009.

Awalnya Ia mengikuti audisi untuk karakter minor, namun sang sutradara tetap memilihnya untuk menjadi pemeran utama, yakni sebagai Samsuddin, yang memiliki watak kasar dan suami yang berpoligami.

Lewat film tersebut, Ia berhasil meraih Piala Citra untuk Kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Setelah itu, Ia berakting dalam film 3 Hati 2 Cinta 1 Dunia dan Alangkah Lucunya (Negeri Ini), film yang berhasil membuatnya meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2010.

Baca juga: Biodata Kenny Austin: Agama, Keluarga dan Fakta Menarik

Film lain yang juga dibintanginya yaitu:

1. Broken Hearts, berperan sebagai seseorang yang menderita Anoreksia Nervosa, dimana dia harus kehilangan berat badannya sebanyak 10 kg demi peran tersebut.

2. Perahu Kertas, Perahu Kertas 2 (diadaptasi dari Novel Karya Dewi Lestari), Ia berperan sebagai pengusaha bernama Remi.

Pada akhir tahun 2012, Reza kembali lagi dipercaya untuk memerankan peran sebagai Presiden RI ke-3, yakni B. J. Habibie dalam sebuah film biografi yang bercerita tentang kisah hidup dan romansa antara sang Presiden Ri ke-3 dan istrinya, Hasri Ainun Besari yang diperankan Bunga Citra Lestari.

Film yang disutradarai oleh Faozan Rizal dengan judul Habibie & Ainun tersebut menjadi pelengkap daftar film yang membuat nama Reza Rahadian semakin meroket di tanah air.

Selain itu, pada film My Stupid Boss, Reza juga sukses secara artistic dan juga komersial pada tahun 2016.

Dan untuk yang ketiga kalinya, Ia berhasil meraih gelar sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI).

Di tahun yang sama (2016), Reza kembali memerankan tokoh B. J. Habibie muda dalam film Prekuel dengan judul Rudy Habibie, yang bercerita tentang masa muda Presiden RI ke-3 saat masih menuntut ilmu di Jerman.

Di tahun 2018, Reza kembali dipilih oleh Hanung Bramantyo untuk mengisi peran di sebuah film yang berjudul Benyamin Biang Kerok.

Film tersebut merupakan remake (pembuatan ulang) dari film Benyamin Biang Kerok yang tayang pada tahun 1972. Dalam film ini, Reza Rahadian berperan sebagai Pengki.

Reza Rahadian sempat vakum dari dunia seni peran sejak tahun 2015. Setelah itu Ia kembali membintangi sinetron yang berjudul Masjid Yang Tak Dirindukan yang tayang di ANTV pada tahun 2019 yang berperan sebagai Malik Aryaputra.