Asrama Bougenvile di BBPMP Jatim Terbakar di Tengah Malam, 14 Orang Terkena Dampaknya

suroboyo.id – Pada tengah malam hari, tepatnya pada pukul 00.58 WIB pada Minggu, 27 Agustus 2023, terjadi kebakaran yang melanda Asrama Bougenvile yang terletak di Gedung Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur, yang beralamat di Jalan Ketintang Wiyata, Surabaya, Jawa Timur.

Aprilia, seorang petugas dari Pusat Komando, menjelaskan bahwa insiden ini berakibat 14 orang mengalami cedera akibat kebakaran tersebut.

“Dari jumlah itu, tiga orang yang mengalami luka bakar tengah menjalani perawatan di RSUD Dr. Soetomo. Sementara itu, tujuh orang lainnya yang mengalami kesulitan napas dan rasa nyeri dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL). Selanjutnya, empat orang yang menderita luka ringan seperti lecet karena terkena pecahan kaca mendapat penanganan di lokasi kejadian,” ungkapnya.

Penanganan korban kebakaran Asrama Bougenvile, Gedung Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur, Jalan Ketintang Wiyata, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/8/2023). Foto: Command Center Kota Surabaya

Para korban terdata berasal dari Jakarta, Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Barat. Belum diketahui apa agenda kegiatan para korban di Surabaya.

Sementara, Ekky Maulana Nugraha, juga petugas Command Center menyebutkan kebakaran terjadi di lantai 1 gedung itu.

“Diduga api berasal dari korsleting listrik,” ujarnya.

Keterangan Security yang sedang tugas jaga, pada pukul 00.50 WIB dia melihat percikan api di dekat lukisan. Dia segera berlari mengambil APAR. Namun saat kembali ke lantai 1, api sudah membesar.

Luas ruangan yang terbakar kurang lebih 8×8 meter persegi dari luas keseluruhan bangunan 8×30 meter persegi.

Api pokok dinyatakan padam pukul 01.15 WIB dan lokasi dinyatakan kondusif pada pukul 01.54 WIB.