Apa Itu Lupus Nefritis yang Diidap Shena Malsiana Sebelum Meninggal?

suroboyo.id – Shena Malsiana, seorang musisi yang meraih ketenaran melalui kompetisi X Factor Indonesia, telah meninggal dunia akibat lupus nefritis pada Rabu (25/10). Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan lupus nefritis yang menghantui Shena Malsiana?

Berita tentang meninggalnya Shena Malsiana dikonfirmasi melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Shena menghembuskan napas terakhir setelah bertarung melawan penyakit autoimun yang mempengaruhinya selama beberapa waktu.

Selama hidupnya, Shena sering berbagi pengalaman masa pemulihannya dari penyakit lupus nefritis. Ia menerima diagnosis ini pada tahun 2021.

Lupus nefritis adalah kondisi medis yang melibatkan peradangan pada ginjal, dan ini adalah salah satu manifestasi dari lupus sistemik, penyakit autoimun yang kompleks.

Penyakit ini mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri, yang pada kasus Shena, mengarah pada peradangan pada ginjal.

Peradangan yang terjadi dalam lupus nefritis dapat merusak jaringan ginjal dan bahkan menyebabkan gagal ginjal kronis, yang merupakan kondisi serius.

Lupus sendiri merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan organ tubuh sendiri.

Mengutip laman Mayo Clinic, lupus menyebabkan sistem kekebalan tubuh membuat protein yang disebut autoantibodi. Protein ini menyerang jaringan dan organ dalam tubuh, termasuk ginjal.

Lupus nefritis seperti yang diidap mendiang Shena Malsiana terjadi saat autoantibodi lupus memengaruhi organ ginjal. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan dan iritasi ginjal.

Gejala Lupus Nefritis

Berikut beberapa gejala lupus nefritis:

– urine berdarah,
– urine berbusa karena terlalu banyak protein,
– tekanan darah tinggi,
– bengkak di tungkai, pergelangan kaki, atau terkadang di tangan dan wajah,
– kadar kreatinin tinggi dalam darah.

Dalam kondisi yang parah, gangguan ini dapat menyebabkan urine berdarah, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal.

Baca Juga :   Dikenal Sebagai Tanaman Herbal, Simak 6 Manfaat Serai Serta Cara Pengolahannya

Selain itu, orang dengan lupus nefritis juga berisiko lebih tinggi terkena kanker. Utamanya, kanker yang dimulai pada sel sistem kekebalan tubuh yang disebut limfoma sel B.

Tak cuma itu, orang dengan lupus nefritis juga berisiko tinggi terkena masalah jantung dan pembuluh darah.

Demikian penjelasan mengenai lupus nefritis yang diidap Shena Malsiana sebelum meninggal dunia.