Aksi Demo Apdesi di Depan DPR: Desakan Revisi UU Desa Berujung Kericuhan

suroboyo.id – Massa dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) melakukan aksi demonstrasi di depan gedung DPR, Jakarta, menuntut segera disahkan revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Kami minta Bapak-Ibu di dalam gedung DPR untuk segera mensahkan revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kalau tidak, kami mengancam tidak akan melayani para warga di desa,” ujar seorang orator dari Apdesi di depan DPR, Jakarta Pusat, pada Selasa (5/12/2023).

Dalam pantauan di lokasi, terlihat massa melakukan pembakaran spanduk di depan gerbang gedung DPR/MPR dan membakar ban bekas. Asap hitam tebal membubung dari titik pembakaran di gerbang gedung DPR, sementara sebagian dari mereka mencoba meruntuhkan besi spiral yang terletak di bagian bawah gerbang bagian luar gedung DPR.

Massa yang hadir ada yang menggunakan pakaian hitam putih, batik, dan pakaian berwarna cokelat.

Sejumlah massa juga terlihat membawa bendera merah putih dan spanduk yang bertulisan ‘Sahkan Revisi UU Desa Sekarang Juga’.

Aparat kepolisian juga sudah terlihat berjaga mengamankan demo tersebut. Sementara itu, lalu lintas di sekitar lokasi ditutup.

Mobil water cannon polisi dikerahkan ke depan gerbang DPR untuk menyiram api yang dinyalakan massa.