25 Lagu Natal Paling Populer yang Meriahkan Perayaan dari Indonesia dan Barat

suroboyo.id – Perayaan Natal selalu ditemani oleh gemerlap lampu, kehangatan keluarga, dan tentu saja, melodi-melodi Natal yang klasik. Berikut adalah kumpulan 25 lagu Natal yang telah menjadi favorit sepanjang masa, melintasi batas antara musik Indonesia dan Barat.

Mendengarkan lagu-lagu Natal ini tidak hanya menjadi tradisi, tetapi juga cara yang indah untuk menambahkan keceriaan dan semangat Natal. Baik itu suasana yang penuh salju atau di bawah cahaya tropis, lagu-lagu ini berhasil menciptakan atmosfer yang hangat dan meriah.

Beberapa di antaranya mungkin dinyanyikan oleh musisi Indonesia terkenal, sementara yang lain berasal dari penjuru dunia. Namun, semua lagu ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya tetap populer setiap tahunnya.

Dirangkum berbagai sumber, berikut kumpulan lagu Natal populer sepanjang masa dari Indonesia hingga barat.

1. Gita Sorga Bergema – Glenn Fredly

Gita Sorga Bergema adalah lagu yang dinyanyikan oleh Glenn Fredly. Lagu ini termasuk dalam album “Rapuh” yang dirilis pada 2006.

Gita Sorga Bergema merupakan sebuah lagu Natal yang meriah dan memiliki pesan kegembiraan dalam merayakan kelahiran Yesus Kristus.

2. Seribu Lilin Nyalakan – Herlin Pirena dan Nikita Natashia

Seribu Lilin Nyalakan adalah lagu rohani Kristen yang dinyanyikan oleh Herlin Pirena dan Nikita Natashia.

Lagu ini sering kali dianggap sebagai lagu Natal dan memiliki pesan kebahagiaan serta penuh harapan, sesuai dengan suasana Natal yang merayakan kelahiran Yesus Kristus.

3. Malam Kudus – Joseph Mohr dan Franz Xaver Gruber

Malam Kudus atau Silent Night merupakan lagu Natal Indonesia yang cukup populer dengan melodi yang meriah.

Lagu ini diciptakan oleh Joseph Mohr dan Franz Xaver Gruber pada 1818 di Austria. Lirik lagu “Malam Kudus” menceritakan tentang kelahiran Yesus Kristus di Betlehem pada malam yang tenang dan damai.

4. Hai Mari Berhimpun – John Francis Wade

Hai Mari Berhimpun atau O Come, All Ye Faithful adalah lagu Natal klasik ciptaan John Francis Wade pada 1744.

Setiap perayaan Natal, lagu Hai Mari Berhimpun yang sudah diterjemahkan ini sering kali dinyanyikan oleh berbagai musisi tanah air, salah satunya pernah dinyanyikan oleh Delon Thamrin.

5. Hai Kota Mungil Betlehem – Nikita Natashia

Hai Kota Mungil Betlehem adalah salah satu lagu yang kerap dilantunkan di saat momen merayakan Natal.

Lagu yang dinyanyikan oleh Nikita Natashia ini menceritakan tentang kota kelahiran Yesus Kristus di Betlehem.

6. All I Want for Christmas is You – Mariah Carey

Lagu Natal barat yang dirilis 29 Oktober 1994 ini sangat romantis. Liriknya yang sederhana mengisahkan bahwa hal yang terbaik dari Natal adalah keberadaan seseorang yang dicintai.

Setiap tahunnya, lagu ini diputar di berbagai pusat perbelanjaan menjelang Natal. Lagu Mariah Carey ini menjadi salah satu lagu Natal paling populer sepanjang masa.

7. Christmas (Baby Please Come Home) – Darlene Love

Lagu Natal berikutnya adalah “Christmas” yang dilantunkan Darlene Love. Lagu ini cocok dinyanyikan bersama saat Natal. Liriknya membuat momen kebersamaan di hari raya semakin bermakna.

“Christmas” ditulis Ellie Greenwich dan Jeff Barry dan masuk dalam album kompilasi A Christmas Gift for You from Phil Spector.

8. Last Christmas – Wham!

Lagu Natal yang rilis Desember 1984 ini ditulis George Michael. Saking populernya, lagu ini di-cover banyak musisi, salah satunya oleh Ariana Grande.

Selain itu, lagu ini juga dijadikan soundtrack film Last Christmas (2019) dan digunakan dalam salah satu tampilan video game Just Dance 2017.

9. Fairytale of New York – The Pogues and Kirsty MacColl

“Fairytale of New York” adalah lagu sempurna yang menarasikan harapan, keputusasaan, dan patah hati. Dinamika musiknya sangat menggambarkan suasana Natal.

10. Stay Another Day – East 17

Meski dirilis tahun 1994, lagu yang dibawakan boyband asal Inggris ini masih cocok dijadikan latar momen Natal Anda.

11. I Wish It Could Be Christmas Everyday – Wizzard

Lagu Natal bahasa Inggris lainnya dinyanyikan oleh Wizzard. Lagu yang dirilis pada 1973 ini berdurasi 4:38 menit. Iramanya yang menyenangkan cocok untuk dijadikan latar musik berdansa.

12. White Christmas – Bing Crosby

Meski dirilis pada 1942, lagu ini masih relevan diputar untuk Natal tahun ini. Suasana yang dihadirkan melalui nadanya bisa membuat Anda betah menjalani malam Natal.

13. Step Into Christmas – Elton John

Tema Natal sangat terasa di lagu ini. “Step Into Christmas” dirilis 23 November 1973 dan menjadi salah satu nomor lagu di album Caribou. Liriknya ditulis Elton John dan Bernie Taupin.

14. Happy Xmas (War Is Over) – John Lennon dan Yoko Ono

Meski awalnya dibuat sebagai lagu protes mengenai Perang Vietnam, “Happy Xmas” sering diputar saat Natal.

Lagu ini dibuka dengan ucapan selamat Natal untuk anak-anak mereka. Ono berbisik ‘Happy Christmas, Kyoko’, diikuti Lennon yang membisikkan ‘Happy Christmas, Julian’.

15. Do They Know It’s Christmas – Band Aid

“Do They Know It’s Christmas?” diciptakan Bob Geldof dan Midge Ure pada tahun 1984. Lagu ini diproduksi untuk mengumpulkan dana bantuan penanggulangan kelaparan di Ethiopia.

16. Jingle Bell Rock – Bobby Helms

Jingle Bell Rock yang dirilis pada 1957 ini dinyanyikan ulang oleh banyak penyanyi. Saat mendengarkannya, Anda akan diingatkan pada lagu-lagu populer di era 1950-an.

17. Run Rudolph Run – Chuck Berry

Gaya bermusik Chuck Berry sangat kental di lagu “Run Rudolph Run”. Lagu Natal tempo dulu yang dirilis pada 1958 ini sangat cocok untuk menemani berdansa saat berkumpul merayakan Natal.

18. Blue Christmas – Elvis Presley

Lagu ini termasuk dalam album Natal Elvis Presley bertajuk Elvis’ Christmas Album. Lagu ini mengisahkan cinta tak terkira saat hari raya.

19. Santa Claus is Coming to Town – The Jackson 5

John Frederick Coots dan Haven Gillespie menciptakan lagu Natal ini dan pertama kali dinyanyikan pada November 1934. The Jackson 5 menjadi salah satu grup musik dari 200-an artis yang merekam ulang lagu tersebut.

20. It’s the Most Wonderful Time of the Year – Andy Williams

Lagu ini masuk ke dalam album Natal perdana Andy Williams bertajuk The Andy Williams Christmas Album. Nuansa klasik akan tersaji dari lagu yang ditulis Edward Pola dan George Wyle pada 1963 tersebut.

21. Mistletoe – Justin Bieber

Spotify memasukkan lagu ini dalam daftar lagu populer yang kerap diputar saat Natal. Lagu tersebut menjadi single pertama dalam album Natal Bieber bertajuk Under the Mistletoe.

22. It’s Beginning to Look a Lot Like Christmas – Michael Buble

It’s Beginning to Look a Lot Like Christmas dirilis 24 Oktober 2011. Nuansa orkestra dan retro sangat terasa saat Anda mendengarkannya.

23. Santa Tell Me – Ariana Grande

Salah satu lagu Ariana Grande ini masuk dalam daftar musik yang sering diputar saat Natal. Santa Tell Me mengusung genre R&B dan dirilis pada 24 November 2014.

24. Feliz Navidad – Jose Feliciano

Feliz Navidad termasuk lagu Natal popular yang ditulis oleh Jose Feliciano pada 1970. Lirik lagu Feliz Navida menggunakan dua bahasa, yaitu Spanyol dan Inggris. Feliz Navidad adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Spanyol yang artinya “Selamat Natal.”

25. We Wish You a Merry Christmas – No Name

We Wish You a Merry Christmas termasuk lagu Natal populer sepanjang masa yang disebut telah ada sejak abad ke-16 atau 17.

Dari liriknya, lagu klasik asal Inggris ini menceritakan kehidupan pada malam Natal. Orang miskin akan datang ke rumah orang kaya, kemudian menyanyikan lagu ini dan menyerukan puding figgy sebagai hadiah Natal.