Suroboyo.id – Kantung mata yang gelap atau biasa disebut dengan mata panda merupakan salah satu kondisi yang membuat tidak nyaman dan tidaj percaya diri. Terutama jika hal tersebut terjadi pada wanita.

Kantung mata memiliki lapisan kulit yang snagat tipis jika dibandingkan kulit di wajah yang lainnya. Sehingga kantung mata harus dirawat dengan baik.

Cara menghilangkan kantung mata yang gelap atau mata panda dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Selain itu juga harus diimbangi dengan menggunakan skincare sebagai perawatan harian.

Baca juga: Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut dan Bagaimana Cara Menggunakannya Agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Berikut cara untuk menghilangkan mata panda dengan cepat dan alami.

1. Kompres dengan Es Batu dan Susu

Es batu dipercaya bisa membantu menghilangkan mata panda. Karena suhu dingin yang ada pada se batu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan pada area mata.

Untuk mempercepat proses mencerahkan kantong mata yang gelap kamu dapat menggunakan perpaduan es batu dan susu dengan mengkompreskannya pada area mata setiap pagi dan malam hari.

2. Masker Kopi dan Susu

Perpaduan bubuk kopi dan susu murni juga bisa membantu mencerahkan mata panda yang gelap dengan alami. Bubuk kopi mengandung antioksidan, anti iritasi, anti peradangan, hingga anti bakteri.

Bubuk kopi juga memiliki tekstur yang bisa membantu eksfoliasi kulit dan meregenerasi kulit.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Gunakan 1 sendok teh bubuk kopi dan 2 sendok teh susu murni. Kemudian campur adonan hingga menjadi pasta.

Lalu kemudian aplikasikan di area mata panda dan diamkan hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin.

3. Masker Susu Strawberi

Strawberi memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen agar kulit menjadi cerah.

Kamu hanya perlu menggunakan 2 buah strawberi yang sudah dihancurkan, lalu tuangkan susu secukupnya hingga adonan berbentuk pasta.

Kemudikan aplikasikan pada area mata panda dan diamkan selama 10 menit.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: Dapat Menangkal Radikal Bebas Hingga Melawan Kanker

4. Mengompres dengan Kantong Teh Celup

Teh, baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres mata selama 15–20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas.

Selain itu Anda juga disarankan untuk membatasi waktu melihat gawai, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat akan beraktivitas di luar, juga menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebih untuk menghilangkan mata panda.

Meski bukan kondisi medis yang serius, Kamu tetap perlu waspada jika mata panda tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau berminggu-minggu.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mata menjadi bengkak atau mata panda bertambah hitam setelah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda di atas. Dengan begitu Kamu akan mendapatkan penanganan yang sesuai.