Suroboyo.id – Stop dengan kebiasaan berikut ini. Berikut ini adalah kebiasaan yang masih sering dilakukan, sebab tidak banyak orang mengerti jikalau hal ini tidak akan membuat wajah menjadi glowing melainkan justru akan menjadikan kusam.

Bahwasannya semua orang khususnya perempuan menginginkan wajah yang glowing, bersih dan putih. Dan menggunakan produk perawatan atau skincare saja ternyata tidak cukup untuk bisa mendapatkan kondisi wajah yang seperti itu.

Namun harus juga diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat. Karena menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat juga dapat mempengaruhi kondisi badab hingga kulit kamu.

Baca juga: Rekomendasi Kursus Salon Kecantikan Terbaik di Kota Jombang yang Profesional dan Menjanjikan: Mahkota Beauty Academy

Ternyata, ada beberapa hal yang tanpa disadari dapat menjadi penyebab kulit yang kusam. Dan sangat penting untuk mengenali beberapa kebiasaan yang nampaknya tidak signifikan dan tidak berbahaya jika berkaitan dengan kecantikan kulit.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya stop melakukan kebiasaan ini agar kamu bisa mendapatkan kulit yang bersinar.

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Wajah, Sikat, Pijat, Keran, Air

Menurut Dr. Frank Lipman, MD, waktu mencuci muka yang terbaik yaitu dua kali sehari, yaitu pagi dan sebelum tidur. Rutinitas ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, minyak, polusi, dan riasan yang menumpuk di permukaan kulit.

Akan tetapi, mencuci wajah secara berlebihan dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan kusam karena kulit akan kehilangan minyak alaminya.

Hal serupa juga berlaku jika kamu terllau sering eksfoliasi kulit. Karena terlalu sering eksfoliasi justru akan menyebabkan kulit mudah iritasi.

2. Kurang Minum Air Putih

Air, Es Batu, Minum, Minuman, Tenang, Es

Dikutip dari Dr. Joel Schlessinger, dokter kulit dan ahli kosmetik di Nebraska mengatakan bahwa jika kita tidak minum cukup, maka efeknya bisa mulai terlihat di kulit.

Tanda-tanda dehidrasi muncul pada kulit berupa kekeringan, kulit kusam, pengelupasan dan bahkan warna kulit yang tidak merata.

Sebaliknya, minum setidaknya delapan gelas air per hari akan membantu membuat kulit bercahaya.

3. Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Perawatan Kulit, Membersihkan Kulit

Para dokter kulit telah menyarankan untuk tidak tidur dengan riasan yang masih menempel. Sebab hal tersebut akan berpotensi menyebabkan iritasi, penyumbatan pori-pori dan kulit kusam.

Baca juga: Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut dan Bagaimana Cara Menggunakannya Agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

4. Salah Menggunakan Produk Skincare

Kecantikan, Kosmetik, Produk, Dandan

Untuk mendapatkan kulit bercahaya, sangat penting untuk memilih skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit.

Kondisi kulit itu dinamis, dan terus berubah, sehingga kamu harus memastikan memilih produk skincare sesuai kebutuhan kulit.