Suroboyo.id – Rekomendasi novel horor paling seru dan menyeramkan yang wajib kalian baca. Novel horor biasanya dikemas dengan cerita penuh teka-teki dengan plot twist yang penuh dengan kejutan.

Kemudian akhirnya ceritanya berbeda dengan ekspektasi para pembacanya. Dalam novel horor juga terbagi ke dalam beberapa genre lainnya, yaitu thriller, psychological horor, supernatural horror dan lain-lain yang alur ceritanya berbeda.

Dalam artikel berikut ini, akan kami berikan rekomendasi novel horor paling seru dan menyeramkan sehingga wajib untuk kalian baca.

Baca juga: Rekomendasi Buku Literasi Best Seller untuk SMP dan SMA

1. Holy Mother

Jika menginginkan novel horor dengan jalan cerita yang tidak tertebak, Holy Mother adalah solusinya. Novel Holy Mother adalah salah satu novel karya Akiyoshi Rikako. Novel ini banyak digemari para pecinta genre horor, karena ceritanya dikemas dengan penuh misteri dan plot twist. Sehingga pembaca selalu penasaran dengan akhir ceritanya.

Novel yang berasal dari Jepang ini, menceritakan tentang kisah pemerkosaan dan pembunuhan, yang dialami oleh anak laki-laki. Kemudian Honami yang memiliki anak perempuan, juga berusaha untuk melindungi anaknya.

 2. Holy Mother

Novel horor yang selanjutnya adalah The Girl with All the Gifts, karya dari penulis MR Carey. Novel ini menceritakan tentang awal mula munculnya virus zombi di dunia. Virus zombi ini berada di dalam tubuh seorang yang bernama Melanie, tetapi ia tidak menyadari hal tersebut.

Cerita dalam novel ini dikemas sangat menarik, sehingga novel ini sering mendapatkan penghargaan. Bahkan di tahun 2016, novel ini diadopsi menjadi film horor yang banyak diminati pecinta genre horor.

Baca juga: 3 Buku Cerita Rakyat Daerah di Indonesia Paling Berkesan dan Penuh Hikmah

3. The Haunting of Hill House

Novel ini merupakan novel terbaik dan terlaris pada abad ke-20, tahun 1960. Saking larisnya novel ini telah dua kali diangkat ke layar lebar. Versi pertama rilis pada 1963 dan mendapat pujian dari para kritikus, sedangkan versi keduanya yang rilis pada 1999 mendapat kecaman, karena jauh berbeda dengan novelnya.

The Haunting of Hill House mengisahkan tentang satu orang dokter dan tiga orang relawan yang tinggal selama liburan musim panas di sebuah rumah terpencil.

Bukan tanpa tujuan, sang dokter sedang mengadakan penelitian terkait trauma dan dampak psikologis. Hill House yang dirumorkan berhantu menjadi lokasi tepat untuk penelitian sang dokter, alur cerita novel ini juga membuat kita penasaran dan dapat membuat kita merinding loh!

4. Kisah Tanah Jawa

Novel Kisah Tanah Jawa adalah novel yang ditulis oleh Kisah Tanah Jawa, yaitu Bonaventura D. Genta, Mada Zidan (Mbah KJ) dan Hari Kurniawan. Novel ini berlatar belakang tentang hal-hal mistis yang menjadi mistos dan fakta sejarah, yang terdapat di tanah Jawa.

Ada banyak sekali cerita mistis, sosok misterius, ritual mistis dan tempat-tempat angker, yang berada di Tanah Jawa ini. Dalam novel ini, penulis ingin mengajak pembaca menguak tentang mitos dan fakta sejarah yang ada di Tanah Jawa.

Baca juga: Rekomendasi Buku Self Improvement Best Seller: Stop Overthinking Hingga Filosofi Teras

5. Keluarga Tak Kasat Mata

Novel Keluarga Tak Kasat Mata adalah sebuah novel dengan cerita yang hampir sama dengan kisah nyata. Dalam novel ini, menceritakan tentang pengalaman Genta yang baru saja pindah ke kantor barunya. Ternyata di dalam kantor dia terdapat keluarga lain yang tidak kasat mata alias hantu.

Banyak orang beranggapan kalau cerita dalam novel ini, diambil dari kisah nyata yang ada di kota Yogyakarta. Ada banyak hantu yang diceritakan dalam novel ini, yang sering kali mengganggu aktivitas kerja Genta dan teman-temannya.