Berita  

Pernyataan Airlangga Terkait Kemungkinan Gibran sebagai Cawapres Prabowo: Tunggu Keputusan MK

suroboyo.id – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, telah mengungkapkan pandangannya terkait kemungkinan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024.

Airlangga memilih untuk menunggu keputusan yang akan dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batasan usia cawapres. Saat ini, berdasarkan aturan yang ada, Gibran belum memenuhi syarat usia yang dibutuhkan untuk mencalonkan diri sebagai cawapres, karena ia belum mencapai usia 40 tahun.

“Kita akan menunggu keputusan dari MK,” kata Airlangga, saat berbicara di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Selasa (10/10).

Airlangga juga menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada keputusan yang diambil oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo. Dia menegaskan bahwa dalam rapat terakhir para sekretaris jenderal KIM, masalah ini belum dibahas.

Dia hanya berkata cawapres Prabowo akan ditentukan dalam waktu dekat. Airlangga tak menginformasi apakah Gibran atau dirinya masuk dalam bursa cawapres Prabowo.

“Akan dirapatkan antarpartai, as soon as possible,” ujarnya.

Sebelumnya, Gibran masuk bursa cawapres Prabowo. Nama Gibran diusulkan DPC Gerindra Tangerang Selatan hasil Rakorcab pada Minggu (8/10).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut Prabowo akan membawa Gibran dalam rapat koalisi. Dia mengatakan ada sejumlah nama lain yang dibawa ke dalam rapat.

“Tentu saja supaya keputusan ini menjadi keputusan bersama. Termasuk nama Mas Gibran dan nama-nama lain, nanti oleh Pak Prabowo akan diajukan di atas meja untuk dibahas bersama,” ucap Muzani setelah acara deklarasi relawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (9/10).