Perbandingan Statistik Mengesankan Antara : Messi vs Haaland Menuju Ballon d’Or 2023

suroboyo.id – Dalam persaingan sengit jelang penganugerahan penghargaan Ballon d’Or 2023, Lionel Messi dan Erling Haaland merupakan dua nama yang menjadi sorotan utama.

Kedua pemain ini memiliki statistik yang mengesankan selama musim 2022/2023, dan keduanya layak menjadi kandidat kuat untuk meraih gelar individu terbaik di dunia.

Messi dan Haaland memiliki alasan yang kuat untuk bersaing memperebutkan Ballon d’Or. Megabintang asal Argentina, Messi, sukses membawa timnasnya, Tim Tango, meraih gelar juara Piala Dunia 2022.

Sementara itu, penyerang tajam asal Norwegia, Haaland, telah memberikan kontribusi besar dalam membantu Manchester City meraih tiga gelar sepanjang musim tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa Ballon d’Or 2023 menjadi edisi kedua yang menggunakan sistem penilaian berdasarkan musim kompetisi, setelah sebelumnya digunakan sistem penilaian berdasarkan satu tahun kalender.

Berikut statistik Messi dan Haaland pada musim 2022/2023 yang dilansir dari berbagai sumber :

Statistik Messi

La Pulga tercatat sebagai pemain Paris Saint-Germain pada musim lalu. Bersama PSG, Messi kurang berkilau. Kendati turut menyumbang gelar juara Ligue 1 dan Piala Super Prancis, Messi gagal menjalankan misi menjadikan PSG juara Liga Champions untuk kali pertama.

Sebuah capaian besar Messi terjadi di Qatar pada November – Desember 2022 ketika mengangkat trofi Piala Dunia untuk kali pertama.

Gelar tersebut dianggap sebagai penegasan Messi sebagai pesepak bola terbaik setelah sederet trofi bergengsi sejak membela Barcelona.

Messi bermain 54 kali pada musim lalu di berbagai kompetisi. Pemain 36 tahun itu mencetak 38 gol dan 25 assist.

Khusus di Piala Dunia, Messi bermain tujuh kali serta menyumbang tujuh gol dan tiga assist.

Dalam periode yang sama, Messi juga meraih beberapa penghargaan individu seperti The Best FIFA, Golden Ball Piala Dunia FIFA, pemain terbaik final Piala Dunia, dan Laureus World Sportsman.

Baca Juga :   Daftar Khusus Pemain yang Meraih 100 Penampilan di Liga Champions

Statistik Haaland

Musim 2022/2023 merupakan debut bagi Haaland membela Manchester City setelah didatangkan dari Borussia Dortmund. Haaland terbukti langsung nyetel dengan The Citizens.

Haaland menjadi pemain penting bagi Man City dalam meraih treble atau tiga gelar Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA. Kemudian bersama Manchester Biru, Haaland ikut memenangi Piala Super UEFA.

Jumlah pertandingan yang diikuti Haaland pada musim lalu mencapai 57 pertandingan dengan catatan 56 gol dan 10 assist.

Di ajang Liga Inggris, Haaland menorehkan rekor baru yakni mencatatkan 36 gol dalam satu musim atau yang terbanyak sepanjang masa mengalahkan catatan lama atas nama Alan Shearer dan Andy Cole (34 gol).

Sama seperti Messi, Haaland pun bertabur gelar individu seperti pemain terbaik UEFA, top skor Liga Inggris, top skor Liga Champions, pemain terbaik Liga Inggris, dan pemain muda terbaik Liga Inggris.