Suroboyo.id –  Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Hampir semua orang tahu bahwa kopi baik untuk meningkatkan energi dan kesehatan tubuhsecara keseluruhan.

Selain itu, kopi juga ternyata memiliki khasiat yang tak kalah baiknya untuk rambut kita. Kopi dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut menjadi berkilau.

Kopi merupakan bahan alami yang sangat luar biasa dapat memberikan keajaiban bagi rambut. Dan simak beberapa manfaat kopi untuk rambut berikut ini.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: Dapat Menangkal Radikal Bebas Hingga Melawan Kanker

Manfaat Kopi untuk Rambut

  • Dapat merangsang dan membantu pertumbuhan rambut.
  • Kopi dapat membantu mencegah kerontokan rambut.
  • Dapat membantu membuat rambut lebih lembut dan berkilau.
  • Dapat mengurangi ketombe.
  • Dapat melindungi rambut dari kerusakan.

Selain manfaatnya, ada beberapa cara mengaplikasikan kopi pada rambut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dan berikut cara menggunakan kopi untuk rambut.

1. Kamu bisa membuat bilas kopi atau larutan kopi encer yang bisa digunakan untuk membilas rambut setelah keramas.

2. Membuat masker rambut dari kopi, yaitu mencampurkan kopi yang lebih kental dan bahan lain yang dapat diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

3. Terakhir kamu bisa menambahkan bubuk kopi pada shampo atau kondisioner untuk mendapatkan manfaat ekstra.

Dari beberapa cara tersebut kamu bisa memilihnya dan apapun caranya, kopi akan sangat baik untuk rambut. Kopi akan membuat rambut menjadi semakin berkilau.

Sebab, kopi mengandung banyak senyawa yang bermanfaat, termasuk kafein, antioksidan, dan nutrisi yang dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Ada beberapa jenis kopi yang bisa digunakan untuk rambut, masing-masing memiliki manfaat sendiri-sendiri. Diantara jenis kopi yang dapat kamu gunakan untuk merawat rambut yaitu:

Baca juga: 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Selain Mempercepat Penyembuhan Luka Juga Dapat Meningkatkan Fungsi Ginjal

  • Light Rose Coffee: Kopi jenis ini kaya akan antioksidan dan kafein yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Kopi jenis ini juga dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Kopi Panggang Gelap: Kopi panggang gelap dikemas dengan nutrisi yang dapat membantu memperkuat batang rambut dan mencegah kerusakan. Kopi ini juga merupakan sumber biotin yang bagus dan penting untuk pertumbuhan rambut.
  • Kopi Tanpa Kafein: Kopi tanpa kafein mengandung semua senyawa bermanfaat yang ditemukan dalam kopi bisa, tetapi tanpa kafein.