Suroboyo.id – Meditasi merupakan aktivitas yang memusatkan dan menjernihkan pikiran sehingga memiliki manfaat yang sangat besar jika dilakukan secara rutin.

Manfaat dari meditasi anatara lain dapat memberikan perasaan tenang, kenyamanan, dan juga lebih produktif dalam menjalani hari. Dimana aktivitas meditasi biasanya dilakukan dengan cara duduk tenang sambil memejamkan mata dan mengatur nafas dengan teratur dengan durasi selama 10 menit sampai 20 menit.

Meditasi juga bisa dilakukan oleh siapa saja, dimanapun, dan kapanpun. Aktivitas ini juga tidak memerlukan perlatan-peralatan atau biaya untuk melakukannya.

Baca juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan: Dapat Menigkatkan Fokus dan Konsentrasi Hingga Atasi Kecanduan

Manfaat Meditasi

1. Mengurangi Stres

Ketika mengalami stres, tubuh Anda akan merilis hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, mengakibatkan rangkaian efek fisiologis. Stres kronis memiliki efek buruk bagi kesehatan Anda, seperti kualitas tidur terganggu, tekanan darah tinggi, dan menurunnya daya konsentrasi.

Meditasi memberikan efek yang berlawanan dengan stres, meditasi membangunkan respon tubuh untuk berelaksasi. Menurut penelitian, latihan meditasi yang singkat selama 25 menit dan dilkaukan selama tiga hari berturut-turut dapat mengurangi stress.

2. Meningkatkan citra diri

Meditasi dapat menjadikan kesehatan emosional dengan meningkatkan rasa peduli terhadap diri sendiri dan kepercayaan diri. Sebuah riset yang meneliti aktivitas otak dari partisipan menggunakan MRI scanner sebelum dan sesudah melakukan latihan meditasi selama dua bulan.

Partisipan menunjukkan rasa peduli diri yang lebih baik, pikiran yang lebih positif, peningkatan aktivitas otak terkait perhatian terhadap diri, serta pengurangan aktivtias otak terkait citra diri.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Detoksifikasi Otak dan Saraf Agar Makin Fokus

3. Meningkatkan Daya Ingat

Meditasi bekerja dalam jaringan yang terhubung dengan otak utama, berperan penting dalam berbagai aspek kognitif. Hal ini termasuk daya ingat yang membantu otak mengingat informasi dalam waktu singkat latihan meditasi selama 10 menit setiap hari dapat meningkatkan daya ingat sebesar sembilan persen.

Meditasi juga membantu mengurangi hilangnya daya ingat akibat pertambahan usia – berdasarkan 12 penelitian yang meneliti terkait potensi meditasi terhadap pengurangan kemampuan kognitif akibat usia, ditemukan bahwa latihan ini meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kecepatan mental pada partisipan lansia.

4. Mengurangi rasa sakit

Meditasi terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh dan membangun daya tahan untuk melawan rasa tersebut sehingga berdampak pada bagaimana seseorang mengelola rasa sakitnya.

Menurut riset yang dilakukan oleh Leeds Beckett University, meditasi selama 10 menit dapat menjadi alternatif dari obat penghilang rasa sakit dan menemukan bahwa latihan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap rasa sakit dan cemas yang berkurang dalam diri partisipan.

Ada juga studi lain yang mencari tahu bagaimana meditasi dapat digunakan untuk memberikan rasa nyaman kepada mereka yang memiliki penyakit kronis. Mereka menemukan bahwa latihan meditasi dapat mencegah rasa sakit akibat penyakit kronis yang diderita.

5. Mengontrol kecemasan (anxiety)

Meditasi punya kekuatan besar untuk mengelola atau mengontrol kecemasan yang bekerja dengan menenangkan pikiran dan melepaskan tekanan di dalam tubuh Anda.

Dalam penelitian yang dilakukan kepada 89 pasien dengan gangguan kecemasan, diidentifikasi dari rasa khawatir yang berlebihan mereka yang melakukan meditasi menunjukkan pengurangan hormon penyebab stres dan respons reaktif terhadap situasi yang memicu stres. Namun, pasien yang tidak melakukan meditasi tercatat memberikan respon yang buruk.

Baca juga: Tips Sederhana untuk Menghilangkan Kebiasaan Overthinking

Cara Melakukan Meditasi Bagi Pemula

Rilekskan tubuh

Tutup kedua mata dan kendurkan bahu Anda supaya lebih rileks. Ambil napas dalam lewat hidung, lalu embuskan pelan-pelan.

Coba bayangkan di kepala Anda. Saat Anda menarik napas, rasakan semua energi positif masuk ke dalam tubuh lewat sela-sela jari Anda. Sementara ketika menghela napas, bayangkan semua stres yang menumpuk dalam pikiran Anda ikut terbuang.

Anda bisa memutar musik atau menggunakan aromaterapi untuk membantu menenangkan pikiran. Namun kalau Anda justru susah fokus dengan adanya musik atau wewangian, tidak masalah bila Anda tak ingin menggunakannya.

Membuang Semua Pikiran Negatif

Sembari mengatur napas, buang jauh-jauh semua pikiran negatif di kepala Anda. Bayangkan saat Anda dimarahi bos di kantor, bertengkar dengan pasangan, atau kejadian lainnya yang membuat Anda suntuk. Setelah itu, segera lupakan semua masalah tersebut dan ambil sisi positifnya.

Ketika Anda berusaha membersihkan pikiran, alam bawah sadar sedang membantu Anda melepaskan semua energi negatif yang bersarang di kepala. Semakin besar penerimaan Anda, maka semakin mudah pula Anda menjernihkan pikiran dari kepenatan.

Baca juga: Tips Memulai Pagi Agar Lebih Positif, Semangat dan Bahagia

Fokus

Setelah berhasil menenangkan pikiran selama 5 menit, buka mata Anda dan rasakan perbedaannya. Anda dijamin akan lebih fokus dan santai menjalani aktivitas. Bahkan kalau pikiran kembali penat esok hari, Anda akan lebih mampu mengendalikannya dengan tenang.

Supaya hasilnya lebih maksimal, ulangi teknik meditasi ini sesering mungkin dan tambah waktunya. Misalnya bila Anda sudah berhasil melakukan teknik meditasi selama 5 menit, coba perpanjang durasinya menjadi 10 atau 20 menit.

Teknik meditasi yang dilakukan secara rutin tak hanya sekadar membantu Anda jauh lebih rileks dan tenang, tapi juga membuat Anda semakin kebal terhadap stres. Bahkan, Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba berbagai jenis meditasi lainnya yang lebih bermanfaat, seperti dilansir dari Psychology Today.