Suroboyo.id – Keutamaan sholat tahajud apabila rutin dikerjakan setiap malam. Tahajud berasal dari kata tahajja yaitu artinya seperti istaiqazha yaitu berarti terjaga, sengaja bangun, atau sengaja tidak tidur.

Sholat tahajud dikerjakan pada waktu malam dengan batas akhir sebelum masuk waktu subuh setelah tidur malam. Sholat malam merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut,

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” QS. Al-Isra’: 79

Baca juga: Bacaan Niat dan Do’a Berbuka Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Mendapatkan kemuliaan dan kebaikan dari Allah SWT

Dari Jabir bin Abdillah dia berkata: Saya mendengar Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya:

“Sesungguhnya di waktu malam terdapat suatu saat, tidaklah seorang muslim mendapati saat itu, lalu dia memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala dari urusan dunia maupun akhirat, melainkan Allah akan memberikannya kepadanya. Demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam juga pernah bersabda yang artinya:

“Barang siapa menjaga sholat tahajud dengan sungguh-sungguh, maka Allah memberinya sembilan kemuliaan, terdiri dari lima kemuliaan didunia dan empat di akhirat.”

Kesembilan kemuliaan tersebut diantaranya adalah :

  • Kemuliaan di dunia

1. Allah SWT akan menjauhkannya dari segala macam bencana

2. Dari wajahnya akan terpancar tanda-tanda kesholehan

3. Akan disegani oleh manusia serta dicintai oleh hamba-hamba Allah yang sholeh.(Baca : Shalat Tahajud di Bulan Ramadhan)

4. Tutur katanya akan lebih berwibawa dan penuh hikmah

5. Diberikan kemudahan dalam memahami agama allah

  • Kemuliaan di akhirat

6. Akan dibangkitkan dari kubur dengan wajah yang berseri-seri

7. Akan diberikan kemudahan saat dihisab

8. Akan dapat menyeberangi sirothol mustaqim secepat sambaran kilat

9. Akan menerima catatan amal dari sebelah kanan

Baca juga: Bacaan Niat dan Do’a Berbuka Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

2. Akan termasuk ke dalam golongan penghuni syurga

Allah SWT berfirman :

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ , آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ , كَانُوا قَلِيلاً مِّنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ * وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzariyat: 15-18)

3. Akan masuk surga tanpa dihisab

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda yang artinya:

“Pada hari Kiamat, manusia dihalau di tanah lapang, kemudian malaikat berseru ‘Mana orang yang sholat Tahajud’, hanya sedikit yang bangkit. Mereka lantas dipersilahkan masuk surga, tanpa dihisab”