Berita  

Kemenangan Tipis PSS Sleman 2-1 atas Barito Putera: Super Elja Raih Tiga Poin Berharga

suroboyo.id – PSS Sleman berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 melawan Barito Putera pada pekan ke-20 Liga 1 2023/2024, mengamankan tiga poin pertama dalam 11 pertandingan terakhir.

Sejak pluit kickoff yang dibunyikan wasit di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Minggu (26/11/2023), pertandingan cenderung berjalan dengan tempo yang lambat. Kedua tim tampak kesulitan menemukan ritme permainan yang diinginkan.

PSS berusaha untuk memecah kebuntuan dengan melakukan tendangan-tendangan spekulatif. Salah satunya terjadi melalui upaya Jihad Ayoub yang mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti, tetapi bola melambung tinggi pada menit ke-21.

Tim tuan rumah mendapatkan dua tendangan bebas setelah pertandingan berjalan 30 menit. Pada kesempatan pertama, Abduh Lestaluhu yang mengambil bola, namun sayangnya belum berhasil menciptakan hasil yang diinginkan.

Kemudian giliran Jonathan Bustos yang mengambil kesempatan selanjutnya. Kali ini kiriman Bustos berhasil dimanfaatkan Jihad Ayoub yang sukses menanduk bola untuk membawa PSS unggul 1-0 pada menit ke-33.

Keunggulan ini membuat PSS bersemangat untuk mencari gol kedua. Bustos hingga Hokky Caraka bergantian mengancam pertahanan Barito Putera.

Selepas itu Barito gantian mengurung pertahanan PSS. Hanya saja peluang-peluang yang didapat Bagus Kahfi hingga Gustavo Henrique belum membuahkan hasil.

Di babak kedua, Barito nyaris menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Hasim Kipuw. Eks Persija Jakarta itu melepaskan tembakan langsung yang membuat kiper PSS Anthony Pinthus harus bekerja keras untuk menepis bola.

Sementara PSS juga punya bagus untuk menambah keunggulannya lewat akselerasi Hokky. Striker berlabel Timnas Indonesia menggiring bola ke dekat gawang dan melepaskan tendangan yang masih melenceng pada menit ke-61.

Hokky akhirnya sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah sempat gagal berkali-kali. Mengontrol umpan silang Abduh Lestaluhu, Hokky kemudian melepaskan tendangan keras dari kotak penalti untuk menambah keunggulan PSS menjadi 2-0.

Baca Juga :   Gerindra Surabaya Aktif dalam Program Tebas Stunting: Bagikan Makan Siang dan Susu Gratis Prabowo-Gibran

Pemain baru PSS Ajak Riak hampir melakukan debut manis dengan mencetak gol. Berdiri bebas di depan gawang, tendangan Ajak ditepis dan membentur tiang pada menit ke-81.

Barito sukses memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 pada menit ke-84. Eksel Runtukahu sukses memanfaatkan bola rebound dari Pinthus yang lebih dulu menepis tendangan keras Murilo Mendes.

Di injury time Jihad Ayoub nyaris mencetak brace. Tendangan kerasnya dari sudut sempit sayangnya hanya membentur mistar.

Skor 2-1 untuk kemenangan PSS Sleman bertahan sampai laga bubar. Hasil ini bikin PSS naik ke peringkat ke-13 dengan 23 poin. Barito Putera tetap di posisi ke-7 dengan 28 angka.

Susunan Pemain PSS Sleman Vs Barito Putera

PSS Sleman: 1-Anthony Pinthus: 72-Bayu Setiawan, 4-Nir Diansyah, 5-Thales Natanael, 96-Abduh Lestaluhu; 33-Wahyudi Hamisi, 6-Jihad Ayoub, 8-Esteban Vizcarra (Elvis Kamsoba 62′), 32-Jonathan Bustos, 46-Todd Ferre (Ajak Riak 69′); 80-Hokky Caraka (Irkham Mila 79′)

Barito Putera: 32-Ega Rizky; 2-Bagas Kaffa, 85-Muhamad Firli, 6-Carlos De Murga, 92-Frendi Saputra (Buyung Ismu 72′); 66-Abdul Aziz (Hasim Kipuw 46′), 13-Bayu Pradana, 20-Bagus Kahfi (Rizky Pora 66′), 95-Mike Ott (Eksel Timothy 71′), 31-Murilo Mendes, 11-Gustavo Henrique (Devid De Silva 77′)