Index
Berita  

Kebakaran Melanda 3 Rumah di Simokerto Surabaya, Petugas Pemadam Kebakaran Mengirim 17 Truk

suroboyo.id – Pada malam Sabtu (2/9/2023), terjadi kebakaran yang melibatkan tiga rumah di Jalan Kenjeran, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya.

Kebakaran diduga dipicu oleh korsleting listrik, dan rumah-rumah yang terkena dampaknya adalah milik Sumariyono, Mulyadi, dan Suhayak.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto, menjelaskan bahwa kebakaran pertama kali terjadi di rumah nomor 113.

Kemudian, api menyebar ke sisi kanan bangunan lainnya, dan tingkat kebakarannya mencapai sekitar 75 persen. Untuk mengatasi situasi ini, sebanyak 17 truk pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi kejadian.

Kobaran api juga merembet ke sisi kiri bangunan utama sebagai pusat kebakaran dengan tingkat keparahan sekitar 50 persen.

“Arah jam 12 (sisi belakang bangunan utama) terimbas atap di lantai 2 dengan ukuran 3 m x 3 m,” kata dia.

Dedik menambahkan, pemilik rumah utama yang menjadi pusat kemunculan api, menyebutkan bahwa listrik di rumahnya sempat bermasalah.

“Info dari pemilik rumah sekitar jam 7 malam untuk listrik rumah sudah mulai sering padam untuk listriknya (listrik njeglek) dan sebelum petugas PLN datang api sudah membesar,” terangnya.

Guna mengatasi kebakaran tersebut, Dedik menerangkan, pihaknya mengerahkan sekitar 17 unit truk.

Hingga akhirnya, api pokok padam sekitar pukul 20.49 WIB. Dan proses pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif sekitar pukul 21.53 WIB.

Mengenai penyebab, diduga kebakaran tersebut dipicu hubungan arus pendek listrik di salah satu rumah.

Namun, Dedik tetap menyerahkan informasi lebih lengkap mengenai hal tersebut kepada pihak kepolisian.

“Diduga korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Simokerto Polrestabes Surabaya Kompol Dwi Nugroho mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut.

Exit mobile version