Suroboyo.id –Mulai hari minggu besok 19 Desember 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali mengizinkan adanya Car Free Day (CFD) di wilayah Kertajaya dengan sejumlah ketentuan.

Dilansir dari pernyataan Suharto Wardoyo selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya menyebut, diizinkanya CFD Kertajaya ini dengan beberapa ketentuan.

Sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya No. 67 Tahun 2020 dalam CFD tersebut masyarakat yang hadir diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

Baca Juga: Tidak Memiliki IMB, 5 Menara Telekomunikasi Disegel Pemkot Surabaya

Selain itu ia menyebut untuk memasuki area CFD akan dibatasi 300 orang dengan syarat wajib menunjukkan kartu vaksin atau login pada aplikasi peduliLindungi.

“Ada pembatasan, maksimal 300 orang.Di setiap titik pintu masuk dan keluar akan dipasang scan QR Code PeduliLindungi,” ucap Suharto seperti dilansir dari laman surabaya.go.id.

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan CFD kali ini pedagang kaki lima (PKL) tidak diizinkan menggelar lapak daganganya dan dikhususkan bagi pengunjung guna menghindari kerumunan.

Untuk mendukung hal itu, Suharto menyebut, Pemkot Surabaya juga akan melakukan penutupan Jalan Kertajaya saat pelaksanaan CFD. Di antaranya, mulai dari perempatan Jalan Kertajaya – Jalan Dharmawangsa hingga ke arah timur menuju ke perempatan Jalan Kertajaya – Jalan Menur.

“Karena CFD khusus untuk masyarakat yang akan berolahraga. Sedangkan pedagang dilarang masuk, tidak boleh untuk berjualan, khusus olahraga,” tegasnya.

Kepala Dinas yang akrab disapa Anang itu menuturkan, setiap pengunjung yang datang ke area CFD, diwajibkan sudah mengikuti vaksinasi dosis lengkap. “Pasti, sebelum masuk area CFD akan dicek suhu tubuhnya dan diminta untuk cuci tangan. Di titik-titik strategis akan kami sediakan juga wastafel dan hand sanitizer,” sebutnya.

Baca Juga: Pensiunan ASN Melalui Bangga Surabaya Peduli Salurkan Bantuan Bagi Korban Erupsi Semeru

Di samping itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya juga akan mendirikan posko kesehatan di lokasi selama CFD berlangsung. Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berolahraga di CFD Jalan Kertajaya.

Tak lupa, Anang juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan berkunjung ke CFD, agar tetap disiplin mematuhi dan menerapkan prokes ketat. Meskipun sedang berolahraga, petugas akan mewajibkan untuk memakai masker atau face shield.

“Selain itu kami harap masyarakat menghindari kerumunan. Jangan sampai nanti ketika berolahraga masyarakat melepas masker kemudian berkerumun,” pungkasnya.