Index
Berita  

Hari Olahraga Nasional 9 September 2023: Sejarah dan Misi

suroboyo.id – Hari Olahraga Nasional (Haornas) adalah perayaan yang diadakan setiap tanggal 9 September. Tahun ini, kita merayakan Hari Olahraga Nasional yang ke-40 pada hari Sabtu (9/9/2023).

Hari Olahraga Nasional ke-40 mengambil tema “Gelanggang Semangat Pemenang,” yang mencerminkan semangat kompetitif dan tekad kuat untuk meraih kemenangan. Haornas sendiri adalah bukti nyata dari perhatian pemerintah terhadap pentingnya pendidikan olahraga di Indonesia.

Akarnya bermula dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama, yang diadakan di Surakarta pada tanggal 9-12 September 1948. PON pertama ini melibatkan para atlet Indonesia yang belum berhasil bersaing di arena internasional, khususnya dalam Olimpiade Musim Panas XIV di London, Inggris.

Keberhasilan mereka di PON pertama ini adalah kisah yang membanggakan. Pada saat itu, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) belum diakui sebagai anggota International Olympic Committee (IOC), dan kedaulatan serta kemerdekaan Indonesia juga belum sepenuhnya terwujud.

Sebagai hasilnya, delegasi Indonesia tidak dapat berangkat ke Olimpiade karena paspor mereka tidak diakui oleh pemerintah Inggris.

Namun, PON pertama ini adalah tonggak bersejarah dalam perkembangan olahraga Indonesia. Kegagalan di arena internasional menjadi pemicu untuk memperbaiki infrastruktur olahraga dan mengembangkan bakat-bakat atlet di dalam negeri.

Haornas menjadi wujud pengakuan terhadap dedikasi atlet-atlet Indonesia dan upaya untuk mempromosikan kebugaran dan semangat berkompetisi di kalangan masyarakat.

Peristiwa tersebut akhirnya menjadi topik pembahasan dalam konferensi darurat PORI pada Mei 1948. Puncaknya, Presiden Soekarno meresmikan Pekan Olahraga Nasional yang pertama pada 9 September 1948. Pada 1983, Presiden Soeharto menetapkan 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Hari Olahraga Nasional ke-40 tahun 2023 menjadi momen yang spesial untuk merayakan semangat persatuan, kesehatan, dan prestasi olahraga Indonesia. Semangat Haornas diharapkan menjadi pemantik untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih sehat dan gemilang.

Exit mobile version