Final Ranking 30 Besar Ballon d’Or 2023: Pemain Favoritmu di Posisi Berapa?

suroboyo.id – Pengumuman pemenang Ballon d’Or 2023 telah tiba. Lionel Messi, sekali lagi, berhasil meraih gelar ini, menambah koleksinya menjadi delapan. Dengan prestasinya ini, Messi semakin mengukuhkan dirinya sebagai pesepak bola terbaik di seluruh dunia.

Seremoni penghargaan Ballon d’Or 2023 digelar pada Selasa dini hari (31/10/2023) waktu Indonesia di Theatre du Chatelet, Paris. David Beckham, mantan bintang Real Madrid yang kini menjadi pemilik klub Inter Miami, memiliki kehormatan untuk mengumumkan pemenangnya.

Lionel Messi menduduki peringkat pertama dalam daftar peringkat, mengalahkan dua pesaing utamanya, yaitu Erling Haaland dan Kylian Mbappe, yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga.

Gelar Ballon d’Or ini adalah yang kedelapan bagi Messi, menjadikannya sebagai yang terbaik dalam sejarah penghargaan ini. Dengan pencapaian ini, Messi semakin menjauh dari rival abadinya, Cristiano Ronaldo, yang telah meraih penghargaan ini sebanyak lima kali.

Lionel Messi tampil bagus bersama PSG pada musim 2022/2023 lalu. Namun, capaian paling besar La Pulga terjadi di Piala Dunia 2022. Messi tampil heroik pada laga final dan membawa Argentina menjadi juara.

Ballon d’Or adalah penghargaan sepak bola individu tahunan yang diselenggarakan oleh majalah berita asal Prancis, France Football yang sudah dimulai sejak tahun 1956 silam.

Setiap tahunnya, Ballon d’Or melibatkan ratusan profesional untuk mencapai daftar final dan menentukan pemenang. France Football mengumpulkan suara para jurnalis dari negara-negara ranking 100 besar FIFA. Setiap jurnalis diminta memilih 5 besar pemain pilihan mereka.

Mulai musim 2021/2022, France Football mengubah kriteria penilaian jadi musim terbaik. Jadi, Ballon d’Or 2023 kali ini menilai performa pemain sepanjang musim 2022/2023 lalu.

Karena itu, menarik melihat daftar final 30 besar peraih Ballon d’Or. Daftar itu bisa mengindikasikan bagaimana pandangan publik terhadap performa pemain musim lalu.

Baca Juga :   Inilah Jadwal Pengumuman Pemenang Trofi Ballon d'Or 2023 Malam Ini, Simak Disini

Ranking 30 besar Ballon d’Or 2023

1. Lionel Messi (juara)
2. Erling Haaland
3. Kylian Mbappe
4. Kevin De Bruyne
5. Rodri
6. Vinicius Jr
7. Julian Alvarez
8. Victor Osimhen
9 .Bernardo Silva
10. Luka Modric
11. Mohamed Salah
12. Robert Lewandowski
13. Yassine Bounou
14. Ilkay Gundogan
15. Emi Martinez
16. Karim Benzema
1️7. Khvicha Kvaratskhelia
18. Jude Bellingham
19. Harry Kane
20. Lautaro Martinez
2️1. Antoine Griezmann
2️2. Kim Min-jae
2️3. Andre Onana
24. Bukayo Saka
25. Josko Gvardiol
26. Jamal Musiala
2️7. Nicolo Barella
2️8. Randal Kolo Muani
2️8. Martin Odegaard
3️0. Ruben Dias

Tidak ada Cristiano Ronaldo

Ada yang berbeda dari daftar 30 besar nomine Ballon d’Or tahun ini. Tidak ada nama superstar Portugal, Cristiano Ronaldo. Ini pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir Ronaldo gagal masuk 30 besar.

Sejak pertama kali namanya dikenal di Manchester United, yaitu pada tahun 2003 silam, Cristiano Ronaldo selalu masuk dalam daftar nominasi peraih Ballon d’Or. Sayangnya, rekor puluhan tahun itu bakal terputus.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2003, Ronaldo gagal masuk dalam daftar nominasi 30 besar Ballon d’Or. Terkesan mengejutkan, tapi faktanya dalam semusim terakhir Ronaldo tidak banyak bermain.

Dia baru kembali menemukan kesempatan di Liga Arab Saudi, bergabung dengan Al Nassr. Namun, kepindahan dan pembuktian Ronaldo di Saudi sepertinya baru akan dihitung untuk Ballon d’Or tahun depan.